Adik Kim Jong-un Tutup Pintu Dialog, Sebut AS Terlalu Berharap

Selasa, 22 Juni 2021 - 14:34 WIB
loading...
Adik Kim Jong-un Tutup Pintu Dialog, Sebut AS Terlalu Berharap
Adik pemimpin Korut Kim Jong-un, Kim Yo-jong, menolak prospek untuk melanjutkan pembicaraan dengan AS. Foto/WSJ
A A A
SEOUL - Adik pemimpin kuat Korea Utara (Korut) Kim Jong-un , Kim Yo-jong , menolak prospek dimulainya kembali diplomasi lebih awal dengan Amerika Serikat (AS). Ia mengatakan bahwa ekspektasi AS untuk melakukan pembicaraan hanya akan menjerumuskan merekake dalam kekecewaan yang lebih besar.

Kim Yo-jong mengeluarkan pernyataan itu setelah Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan menggambarkan pernyataan Kim Jong-un baru-baru ini yang menyatakan Korut harus siap untuk dialog dan konfrontasi, tetapi lebih menekankan sisi konfrontasi, sebagai "sinyal menarik."

"Pepatah Korea mengatakan bahwa 'Dalam mimpi, yang paling penting adalah membacanya, bukan memilikinya.' Tampaknya AS dapat menafsirkan situasi sedemikian rupa untuk mencari kenyamanan bagi dirinya sendiri," ucap Kim Yo-jong, seperti dilaporkan kantor berita resmi Korut, KCNA.

“Harapan, yang mereka pilih untuk disimpan dengan cara yang salah, akan menjerumuskan mereka ke dalam kekecewaan yang lebih besar,” imbuhnya seperti dikutip dari AP, Selasa (22/6/2021).

Pernyataannya muncul saat utusan utama AS untuk urusan Korut , Sung Kim, mengunjungi Korea Selatan (Korsel).

Sebelumnya, Sung Kim mengatakan selama pertemuan dengan Menteri Unifikasi Korsel Lee In-young bahwa Washington dan Seoul menyetujui komitmen untuk mengejar denuklirisasi lengkap Semenanjung Korea melalui diplomasi. Lee mengatakan dia berharap Korut akan kembali ke pembicaraan lebih awal.

Sung Kim mengatakan pada hari Senin bahwa dia berharap untuk melihat reaksi positif dari Korut segera atas tawaran AS untuk melakukan pembicaraan meskipun dia mengatakan sanksi yang dikenakan AS terhadap Korut akan tetap berlaku.

Selama pertemuan partai besar yang berkuasa pekan lalu, Kim Jong-un menganalisis kebijakan Korut pemerintahan Joe Biden dan memerintahkan para pejabat untuk mempersiapkan dialog dan konfrontasi.

“Terutama untuk sepenuhnya siap menghadapi konfrontasi” untuk melindungi keamanan dan martabat nasional," menurut media negara itu.



Tetapi komentar Kim yang dipublikasikan tidak termasuk retorika keras apa pun terhadap Washington dan Seoul, sebuah kelalaian yang mendorong analisis yang saling bertentangan di antara para ahli luar. Beberapa mengatakan Kim Jong-un mengisyaratkan dia berencana untuk menerapkan lebih banyak tekanan pada AS untuk melonggarkan kebijakannya di Korut, sementara yang lain berpendapat dia menekankan kemungkinan dimulainya kembali pembicaraan.

Pernyataan Kim Jong-un pun menuai tanggapan dari Sullivan.

“Komentarnya minggu ini kami anggap sebagai sinyal yang menarik. Dan kami akan menunggu untuk melihat apakah mereka ditindaklanjuti dengan komunikasi langsung apa pun kepada kami tentang jalur potensial ke depan,” ucap Sullivan selama wawancara dengan ABC News.

Dalam beberapa bulan terakhir, pemimpin Korut telah mengancam untuk meningkatkan penangkal nuklirnya dan mengklaim bahwa nasib diplomasi dan hubungan bilateral tergantung pada apakah Washington meninggalkan apa yang dia sebut kebijakan bermusuhan, dalam referensi nyata terhadap sanksi dan latihan militer reguler AS dengan Korsel.



Para pejabat AS telah menyarankan Biden akan mengambil jalan tengah antara hubungan langsung Trump dengan Kim Jong-un dan kebijakan "kesabaran strategis" Presiden Barack Obama. Tetapi beberapa ahli mengatakan pemerintahan Biden tidak akan meringankan sanksi apa pun sebelum Korut mengambil langkah nyata menuju denuklirisasi.

Diplomasi pimpinan AS yang bertujuan menghapus program nuklir Korut telah terhenti sejak Februari 2019, ketika Amerika menolak tuntutan Korut untuk pencabutan sanksi besar dengan imbalan penyerahan sebagian kemampuan nuklir mereka selama pertemuan puncak antara Kim Jong-un dan Presiden Donald Trump.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1787 seconds (0.1#10.140)