Mengejutkan, Iran telah Produksi 6,5 Kg Uranium Pengayaan 60%

Selasa, 15 Juni 2021 - 21:29 WIB
loading...
Mengejutkan, Iran telah Produksi 6,5 Kg Uranium Pengayaan 60%
Berbagai jenis sentrifugal yang dimiliki Iran untuk pengayaan uranium. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Pemerintah Iran mengaku telah membuat 6,5 kg uranium pengayaan 60%. Pengumuman itu mengguncang perundingan nuklir Iran dengan kekuatan dunia.

Langkah terbaru itu mendekati pengayaan untuk senjata nuklir pada tingkat 90%.

Juru bicara pemerintah Iran Ali Rabiei dikutip oleh media pemerintah mengatakan negara itu juga telah memproduksi 108 kg uranium yang diperkaya dengan kemurnian 20%.



Hasil sebesar itu lebih cepat daripada tingkat yang disyaratkan undang-undang Iran yang menciptakan proses pengayaan tersebut.



Iran mengatakan pada April akan mulai memperkaya uranium hingga kemurnian 60%, langkah yang akan membawa uranium lebih dekat ke 90% cocok untuk bom nuklir.



Tindakan ini diambil setelah Teheran menuduh musuh bebuyutan Israel menyabotase fasilitas nuklir utama.

Pengumuman pada Selasa muncul ketika Teheran dan Washington mengadakan pembicaraan tidak langsung di Wina yang bertujuan menemukan cara menghidupkan kembali kesepakatan nuklir 2015 antara Iran dan kekuatan dunia.

Parlemen garis keras Iran meloloskan undang-undang tahun lalu untuk mewajibkan pemerintah mengeraskan sikap nuklirnya.

Sebagian langkah Iran itu sebagai reaksi terhadap tindakan mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang keluar dari kesepakatan nuklir pada 2018.

Penarikan Trump mendorong Iran terus melampaui batas-batas perjanjian pada program nuklirnya yang dirancang untuk mempersulit pengembangan bom atom. Tuduhan ingin memiliki senjata nuklir itu selalu dibantah Teheran.

"Sesuai undang-undang parlemen, Organisasi Energi Atom seharusnya memproduksi 120 kg uranium yang diperkaya 20% dalam setahun. Menurut laporan terbaru, kami sekarang telah memproduksi 108 kg uranium 20% dalam lima bulan terakhir," papar Rabiei.

"Di area produksi uranium 60%, dalam waktu singkat yang telah berlalu, sekitar 6,5 kg telah diproduksi," ujar Rabiei.

Laporan triwulanan tentang kegiatan nuklir Iran oleh pengawas nuklir PBB pada Mei mengatakan, pada 22 Mei, Teheran telah menghasilkan 62,8 kg uranium yang diperkaya hingga 20%, dan 2,4 kg uranium yang diperkaya hingga 60%, dengan tingkat berikutnya turun menjadi diperkaya antara 2% dan 5%.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1110 seconds (0.1#10.140)