Terus Dipantau, AS Curiga Kapal Militer Iran Bawa Senjata untuk Venezuela

Sabtu, 12 Juni 2021 - 20:02 WIB
loading...
A A A
Politico melaporkan sebelumnya, pemerintahan Biden secara pribadi mendesak pemerintah Venezuela dan Kuba untuk menolak dua kapal angkatan laut Iran.

“Pemerintah Venezuela berusaha memanfaatkan situasi untuk mendapatkan keringanan dari sanksi AS,” papar Politico, mengutip orang-orang yang tidak disebutkan namanya.

Dalam kolom Opini Bloomberg pada Jumat, purnawirawan Laksamana Angkatan Laut AS James Stavridis mengatakan kapal, Markan, tampaknya mengangkut speedboat kelas Peykaap Iran, yang biasanya dioperasikan Korps Garda Revolusi Islam di Teluk Persia.

Hampir sekitar 18,3 meter panjangnya, speedboat Iran dapat membawa dua rudal anti-kapal mematikan yang memiliki jangkauan hampir 20 mil dalam mode rudal permukaan-ke-permukaan, serta sepasang torpedo.

“Jika AS bersedia menyita pengiriman minyak Iran karena melanggar sanksi tahun lalu, AS harus siap untuk mengambil tindakan langsung menghentikan pengiriman mesin perang kecil tapi mematikan ini ke rezim yang korup dan berbahaya di Caracas,” tutur dia.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1921 seconds (0.1#10.140)