Pesawat Mata-Mata AS Tepergok Intip Latihan Militer Besar-besaran Rusia

Jum'at, 11 Juni 2021 - 06:04 WIB
loading...
Pesawat Mata-Mata AS Tepergok Intip Latihan Militer Besar-besaran Rusia
Jet tempur Rusia mencegat pesawat mata-mata AS di atas Samudra Pasifik saat menggelar latihan militer. Foto/Newsweek
A A A
MOSKOW - Sebuah jet tempur Rusia telah mencegat pesawat mata-mata Amerika Serikat (AS) di atas Samudra Pasifik saat melakukan serangkaian latihan militer besar-besaran.

Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan bahwa target udara yang mendekati perbatasan Rusia terdeteksi oleh kontrol wilayah udara Rusia di atas Samudra Pasifik. Target ini ternyata adalah pesawat pengintai strategis RC-135 Angkatan Udara AS, dan militer Rusia mengerahkan jet tempur Su-35 untuk mengawal pesawat yang datang menjauh.

"RC-135 kemudian melakukan putaran balik dari wilayah udara Rusia dan pelanggaran perbatasan Negara Federasi Rusia tidak diizinkan," menurut pernyataan itu.

"Su-35, pada bagiannya, melanjutkan kepatuhan yang ketat dengan aturan internasional menggunakan wilayah udara," sambung pernyataan itu seperti dikutip dari Newsweek, Jumat (11/6/2021).

Angkatan Udara Pasifik A.S. tidak segera menanggapi permintaan komentar Newsweek, tetapi insiden seperti itu tidak jarang terjadi antara kedua negara, yang keduanya mengangkangi lautan terbesar di dunia dan juga beroperasi di wilayah udara yang tumpang tindih di wilayah strategis lainnya.



Insiden terbaru terjadi ketika Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan bahwa latihan operasional pasukan heterogen Armada Pasifik sedang dilakukan di bentangan tengah laut sekitar 4.000 kilometer, atau hampir 2.500 mil jauhnya, dari pangkalan dari pangkalan kapal Angkatan Laut yang dikerahkan.

Latihan tersebut akan mencakup hingga 20 kapal perang permukaan, kapal selam dan kapal pendukung, seperti kapal penjelajah rudal Varyag kelas Slava, kapal perusak anti-kapal selam besar Admiral Panteleev, kapal fregat kelas Udaloy Marsekal Shaposhnikov, korvet Gromky, Sovershenny dan Pahlawan Federasi Rusia Aldar Tsydenzhapov dan kapal instrumentasi jangkauan rudal Marshal Krylov.

Juga di langit ada sekitar 20 pesawat termasuk pesawat anti-kapal selam jarak jauh Tu-142MZ, pesawat tempur pencegat untuk ketinggian tinggi MiG-31BM dan pesawat lainnya.

“Dalam kerangka latihan, tugas-tugas mengelola pengelompokan kekuatan yang heterogen pada jarak yang cukup jauh dari titik-titik pangkalan untuk perlindungan dan pertahanan komunikasi laut (samudera),” kata pernyataan itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1146 seconds (0.1#10.140)