Iran Kirim Kapal Perang ke Atlantik, Tujuan Masih Misterius

Jum'at, 11 Juni 2021 - 00:12 WIB
loading...
A A A
“Jika kapal dikirim, mereka dapat membentuk inti dari kekuatan perang asimetris dalam angkatan bersenjata Venezuela,” kata Institut Angkatan Laut AS dalam analisis yang diterbitkan sebelumnya.

“Ini bisa difokuskan pada mengganggu pengiriman sebagai sarana untuk melawan kekuatan angkatan laut yang unggul. Rute pengiriman ke dan dari Terusan Panama berada di dekat pantai Venezuela,” sambung analisis itu.



Seorang pembantu utama Maduro telah membantah laporan pers bahwa kapal-kapal itu akan berlabuh di sana. Pejabat itu berbicara dengan syarat anonim untuk membahas masalah geopolitik yang sensitif.

Selama konferensi pers pada 31 Mei, juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh menolak mengatakan ke mana Makran akan pergi.

“Iran selalu hadir di perairan internasional dan memiliki hak ini berdasarkan hukum internasional dan dapat hadir di perairan internasional,” katanya.

“Tidak ada negara yang bisa melanggar hak ini, dan saya memperingatkan bahwa tidak ada yang salah perhitungan. Mereka yang duduk di rumah kaca harus berhati-hati,” ia memperingatkan

Awal bulan ini, kebakaran menenggelamkan kapal perang terbesar Iran, Kharg, yang digunakan untuk memasok bahan bakar bagi kapal lain dalam armada di laut dan melakukan latihan. Para pejabat Iran tidak menjelaskan penyebab kebakaran itu, yang mengikuti serangkaian ledakan misterius yang dimulai pada 2019 yang menargetkan kapal-kapal komersial di perairan Timur Tengah.



Pelayaran yang tidak biasa itu terjadi menjelang pemilihan presiden Iran 18 Juni, yang akan melihat pemilih memilih pengganti Presiden Hassan Rouhani yang relatif moderat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1685 seconds (0.1#10.140)