Didekati 13 Kapal Iran, Kapal AS Lepaskan 30 Tembakan Peringatan

loading...
Didekati 13 Kapal Iran, Kapal AS Lepaskan 30 Tembakan Peringatan
Dua kapal serang cepat IRGC-N Iran mendekati salah satu dari enam kapal AL Amerika yang mengawal kapal selam berpeluru kendali USS Georgia di Selat Hormuz, 10 Mei 2021. Foto/US Navy
WASHINGTON - Sebuah kapal Coast Guard Amerika Serikat (AS) melepaskan 30 tembakan peringatan setelah 13 kapal Angkatan Laut Korps Garda Revolusi Islam (IRGC-N) Iran mendekati kapal-kapal Amerika di Selat Hormuz di lepas pantai Iran.

"Sebelumnya hari ini sekelompok besar kapal serang cepat IRGCN melakukan manuver yang tidak aman dan tidak profesional dan gagal melakukan tindakan yang sesuai untuk keselamatan pasukan AS seperti yang dipersyaratkan di bawah hukum internasional," kata juru bicara Pentagon John Kirby dalam jumpa pers pada hari Senin yang dilansir The Guardian, Selasa (11/5/2021).

Baca juga: Polisi Indonesia Tangkap Victor Yeimo, Benny Wenda Marah

Kirby mengatakan 13 kapal serang cepat Iran mendekati kapal-kapal AS dengan kecepatan tinggi. Belasan kapal itu mendekati enam kapal Angkatan Laut AS yang mengawal kapal selam berpeluru kendali USS Georgia melintasi Selat Hormuz.

Kirby mengatakan sebuah cutter Coast Guard AS melepaskan sekitar 30 tembakan peringatan dari senapan mesin kaliber .50 ke kapal-kapal Iran setelah peringatan lain, termasuk komunikasi radio dan suara ledakan klakson.



Setelah putaran kedua tembakan dilepaskan, kata Kirby, kapal-kapal Iran meninggalkan area tersebut.

Pejabat Iran belum mengomentari klaim Pentagon.

Interaksi kapal-kapal dari kedua negara yang bermusuhan ini adalah insiden kedua yang dilaporkan oleh Angkatan Laut AS dalam dua minggu terakhir.

Baca juga: Israel Kalap, 20 Warga Palestina Tewas Dibombardir Termasuk 9 Anak

Akhir bulan lalu, Armada Kelima AS mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kapal Iran telah datang dalam jarak 68 yard (204 kaki) dari kapal patroli USS Firebolt dan kapal Amerika lainnya di Teluk Persia, sebelah utara Selat Hormuz.



Menurut pernyataan Armada Kelima AS, kapal Iran gagal mengindahkan peringatan radio dan pengeras suara dan hanya bubar ke jarak yang aman setelah awak Firebolt melepaskan tembakan peringatan.

Interaksi kapal-kapal kedua negara yang menegangkan ini terjadi ketika negosiator AS dan Iran mengambil bagian dalam pembicaraan tidak langsung yang rumit di Wina untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir JCPOA 2015.
(min)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top