Kapal Terbesar Angkatan Laut Iran Terbakar dan Tenggelam di Teluk Oman

Rabu, 02 Juni 2021 - 13:47 WIB
loading...
Kapal Terbesar Angkatan Laut Iran Terbakar dan Tenggelam di Teluk Oman
Kapal pendukung Angkatan Laut Iran, Kharg, bersandar di pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, pada 27 Februari 2020 lalu. Foto/CBS News
A A A
TEHERAN - Kapal terbesar milik Angkatan Laut Iran dilaporkan terbakar dan kemudian tenggelam di Teluk Oman pada Rabu (2/6/2021), dalam kondisi yang tidak diketahui. Demikian laporan sejumlah media Iran.

Kantor berita Fars dan Tasnim mengatakan upaya untuk menyelamatkan kapal Kharg berujung pada kegagalan. Kapal tersebut dinamai berdasarkan pulau yang berfungsi sebagai terminal minyak utama Iran.

"Api mulai berkobar sekitar pukul 02.25 pagi dan petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkannya," lapor stasiun televisi pemerintah Iran yang dinukil CBS News.

Kapal itu tenggelam di dekat pelabuhan Iran Jask, sekitar 790 mil tenggara Teheran di Teluk Oman dekat Selat Hormuz, mulut sempit Teluk Persia.

Baca juga: Didekati 13 Kapal Iran, Kapal AS Lepaskan 30 Tembakan Peringatan

Kantor berita Iran, IRNA, melaporkan operasi penyelamatan untuk Kharg gagal, tanpa merinci apa artinya laporan itu.

Foto-foto yang beredar di media sosial Iran menunjukkan para pelaut mengenakan jaket pelampung mengevakuasi kapal saat api berkobar di belakang mereka.

Kantor berita Reuters melaporkan bahwa seluruh kru kapal selamat. Reuters mengutip laporan kantor berita Fars, yang mengutip pernyataan Angkatan Laut Iran.

Kharg adalah salah satu dari sedikit kapal di Angkatan Laut Iran yang mampu menyediakan pengisian ulang di laut untuk kapal-kapal lainnya. Kapal ini juga dapat mengangkat kargo berat dan berfungsi sebagai titik peluncuran untuk helikopter.

Kapal, yang dibangun di Inggris dan diluncurkan pada 1977, memasuki Angkatan Laut Iran pada 1984 setelah negosiasi panjang pasca Revolusi Islam Iran 1979.

Baca juga: Kapal Tanker Iran di Lepas Pantai Suriah Diserang, Tiga Tewas

Insiden itu menandai kemunduran terbaru dari Angkatan Laut Iran. Pada tahun 2020 selama latihan militer Iran, sebuah rudal secara keliru menghantam kapal Angkatan Laut di dekat pelabuhan Jask, menewaskan 19 pelaut dan melukai 15 orang. Juga pada tahun 2018, sebuah kapal perusak Angkatan Laut Iran tenggelam di Laut Kaspia.
(ian)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2027 seconds (11.97#12.26)