AS Longgarkan Pembatasan Perjalanan untuk Puluhan Negara, Termasuk Indonesia

Kamis, 10 Juni 2021 - 18:16 WIB
loading...
AS Longgarkan Pembatasan Perjalanan untuk Puluhan Negara, Termasuk Indonesia
Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS atau CDC telah merevisi rekomendasi perjalanan untuk puluhan negara ke tingkat risiko yang lebih rendah. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (AS) atau CDC telah merevisi rekomendasi perjalanan untuk puluhan negara ke tingkat risiko yang lebih rendah. Ini menyesuaikan panduan perjalanan untuk orang Amerika yang telah divaksinasi.

CDC menurunkan lebih dari 60 negara dari tingkat "Covid-19 sangat tinggi" ke Tingkat 3 "tinggi COVID-19" pada daftar rekomendasi perjalanan yang diperbarui, termasuk Jepang, Kanada, Meksiko, Italia, Prancis, dan Jerman.

Dalam daftar terbaru tersebut juga terdapat beberapa negara di Asia Tenggara, salah satunya adalah Indonesia.

"Pastikan Anda sudah divaksinasi lengkap sebelum bepergian ke Indonesia. Pelancong yang tidak divaksinasi harus menghindari perjalanan yang tidak penting ke Indonesia," tulis CDC di laman resmi mereka, seperti dikutip Sindonews pada Kamis (10/6/2021).

Selain Indonesia, CDC juga menurunan status bagi dua negara Asia Tenggara lainnya, yakni Malaysia dan Filipina. Indonesia, Malaysia dan Filipina bergabung dengan Thailand yang sudah lama berada di daftar ini.

Sementara itu, ada dua Asia Tenggara yang masuk dalam Level1 CDC, yang berarti tingkat infeksinya sangat rendah. Kedua negara itu adalah Singapura dan Vietnam.

Perubahan terjadi ketika tingkat vaksinasi di seluruh AS terus meningkat. Menurut data CDC ekitar 51,8 persen populasi AS memiliki setidaknya satu dosis vaksin Covid-19 dan 42,5 persen divaksinasi penuh.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2506 seconds (0.1#10.140)