Disponsori Arab Saudi, MWL Gelar Konferensi Deklarasi Perdamaian Afghanistan

Kamis, 10 Juni 2021 - 08:14 WIB
loading...
Disponsori Arab Saudi, MWL Gelar Konferensi Deklarasi Perdamaian Afghanistan
Liga Dunia Muslim (WML) menjadi tuan tumah Konferensi Deklarasi Perdamaian Afghanistan yang akan berlangsung di Arab Saudi, Kamis (10/6/2021). Foto/WML
A A A
MAKKAH - Liga Muslim Dunia (MWL) pada hari ini (10/6/2021) akan menjadi tuan rumah Konferensi Islam Deklarasi Perdamaian di Afghanistan .

Konferensi yang akan digelar di Makkah ini disponsori oleh Kerajaan Arab Saudi.

Ini akan menjadi tonggak untuk meningkatkan dialog antara sarjana senior Afghanistan dan Pakistan untuk mendamaikan antar-faksi Afghanistan yang berperang.



Ini juga bertujuan untuk mengonsolidasikan perdamaian di Republik Islam Afghanistan.

Konferensi tersebut mencerminkan peran kunci MWL dalam menyelesaikan semua perselisihan dan perbedaan dalam tatanan sosial umat Islam di bawah sponsor dan dukungan tak henti-hentinya dari Kerajaan Arab Saudi sebagai negara Islam terkemuka.

Sesi pembukaan akan dipimpin oleh Sekretaris Jenderal MWL Sheikh Dr Muhammad bin Abdulkarim Al-Issa, yang juga Presiden Organisasi Cendekiawan Muslim. Pembicara terkemuka lainnya termasuk Sheikh Dr Noor-ul-Haq Qadri, Menteri Agama dan Kerukunan Antar-Iman Pakistan dan Sheikh Muhammad Qasem Halimi, Menteri Haji, Wakaf dan Bimbingan Afghanistan.

WML dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews.com mengatakan konferensi tersebut akan dihadiri oleh Duta Besar Pakistan untuk Arab Saudi Bilal Akbar, Duta Besar Afghanistan untuk Arab Saudi Ahmed Javed Mujadidi, Duta Besar Rizwan Saeed Sheikh, perwakilan tetap Pakistan untuk Organisasi Kerjasama Islam, dan Duta Besar Shafiq Shamim, perwakilan tetap Afghanistan untuk Organisasi Kerjasama Islam.

Lima sesi akan diadakan dalam konferensi dengan partisipasi lebih dari 20 pembicara termasuk sarjana senior. Sesi fokus pada lima tema yang membahas perdamaian, toleransi, moderasi, rekonsiliasi, pendekatan Islam untuk melindungi martabat dan kehidupan seorang pria, pembangunan perdamaian dalam terang prinsip-prinsip Islam.

Sesi tersebut juga akan membahas perdamaian dan keamanan regional dan peran para sarjana dalam menyelesaikan konflik regional dan mendukung upaya pembangunan perdamaian. Di akhir konferensi, pernyataan penutup akan diumumkan.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1169 seconds (0.1#10.140)