Rusia Tuding Kebijakan AS Picu Ketegangan di Ukraina

Selasa, 08 Juni 2021 - 17:34 WIB
loading...
Rusia Tuding Kebijakan AS Picu Ketegangan di Ukraina
Rusia tuding kebijakan AS picu ketegangan di Ukraina. Foto/Ilustrasi
A A A
MOSKOW - Kebijakan tidak bertanggung jawab Amerika Serikat (AS) di Ukraina terus menciptakan ketegangan. Hal itu diungkapkan Wakil Menteri Luar Negeri Rusia , Sergey Ryabkov.

"Ini adalah elemen tak terelakkan dari upaya AS-Ukraina untuk menunjukkan tingkat saling pengertian yang tinggi. Kami melihat hal baru di sini, tidak ada yang mengubah disposisi umum," ujar Ryabkov mengomentari percakapan baru-baru ini antara AS dan para pemimpin Ukraina.

"Kebijakan AS tentang Ukraina jelas bagi kami. Kebijakan ini tidak membayangkan pengaruh apa pun di Kiev untuk memastikan setidaknya implementasi minimal dari serangkaian tindakan Minsk oleh Ukraina," imbuh Ryabkov.

"Kami berasumsi bahwa ketegangan yang dihasilkan dari kebijakan ini akan tetap ada, dan tidak masalah siapa yang bertemu kapan dan di mana di tingkat atas, esensi dari kebijakan itu harus berubah," tegas diplomat itu seperti dikutip dari Sputnik, Selasa (8/6/2021).

Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden mengundang koleganya dari Ukraina Volodymyr Zelenskiy ke Washington pada Juli mendatang untuk membahas hasil sejumlah pertemuan yang akan diadakan pada Juni, terutama pertemuannya dengan pemimpin Rusia Vladimir Putin, menurut kepala Kantor Kepresidenan Ukraina.



Zelenskiy dan Biden mengadakan percakapan telepon pada hari Senin.

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Joe Biden dari Amerika Serikat akan bertemu di Jenewa pada 16 Juni mendatang. Menurut layanan pers Kremlin, kedua pemimpin berencana untuk membahas prospek hubungan Rusia-AS, stabilitas strategis dan isu-isu global yang mendesak, termasuk memerangi pandemi virus Corona serta cara menyelesaikan konflik regional.

Sebelumnya Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken mengatakan bahwa Washington secara aktif berupaya meningkatkan bantuan keamanan ke Ukraina. Pernyataan ini datang di tengah masih tingginya ketegangan antara Ukraina dan Rusia.

Berbicara pasca melakukan pertemuan dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, Blinken juga mengatakan bahwa Rusia masih meninggalkan sejumlah besar pasukan dan peralatan di dekat perbatasan Ukraina, meskipun mengumumkan penarikan bulan lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1977 seconds (0.1#10.140)