Selamat dari Bom Israel, Ulama Iran Pendiri Hizbullah Meninggal karena COVID-19

Selasa, 08 Juni 2021 - 07:43 WIB
loading...
A A A
Lebanon, yang saat itu didominasi oleh Suriah, yang mengerahkan puluhan ribu tentara di sana, mendapati dirinya diserang oleh Israel pada tahun 1982 ketika Israel mengejar PLO di Lebanon.

Dukungan Iran mengalir ke komunitas Syiah Lebanon yang melawan Israel. Dari situlah terlahir kelompok militan baru yang disebut Hizbullah atau "Partai Tuhan".

Amerika Serikat (AS) menyalahkan Hizbullah atas pemboman Kedutaan Besar AS di Beirut tahun 1983 yang menewaskan 63 orang, serta pemboman di barak Marinir AS di Ibu Kota Lebanon yang menewaskan 241 tentara AS dan serangan lain yang menewaskan 58 pasukan terjun payung Prancis. Hizbullah dan Iran membantah terlibat.

“Pengadilan menemukan bahwa tidak diragukan lagi bahwa Hizbullah dan agen-agennya menerima dukungan material dan teknis besar-besaran dari pemerintah Iran,” tulis Hakim Distrik AS Royce Lamberth pada tahun 2003.

Sebuah obituari IRNA tentang Mohtashamipour hanya menggambarkannya sebagai "salah satu pendiri Hizbullah di Lebanon" dan menyalahkan Israel atas pemboman yang melukainya. Itu tidak membahas tuduhan AS tentang keterlibatannya dalam pemboman bunuh diri yang menargetkan orang Amerika.

Hizbullah, dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan di Beirut, menyampaikan belasungkawa, memuji Mohtashamipour atas perannya dalam melayani revolusi dan dalam memberikan segala bentuk dukungan terhadap peluncuran perlawanan Islam di Lebanon dan perjuangan Palestina.

"Luka berdarah di tangan, wajah, dan dadanya sebagai akibat dari upaya pembunuhan adalah bukti posisi jihadnya yang besar, terutama pada tahap konflik dengan musuh Zionis," bunyi pernyataan Hizbullah, seperti dikutip AP, Selasa (8/6/2021).

Pada saat upaya pembunuhan terhadapnya, badan intelijen Israel Mossad telah menerima laporan persetujuan dari Perdana Menteri saat itu Yitzhak Shamir untuk mengejar Mohtashamipour. Hal itu diungkap dalam buku "Rise and Kill First", buku tentang pembunuhan oleh Israel yang ditulis oleh jurnalis Ronen Bergman.

"Israel memilih untuk mengirim bom yang disembunyikan di dalam sebuah buku yang digambarkan sebagai 'volume luar biasa dalam bahasa Inggris tentang tempat-tempat suci Syiah di Iran dan Irak' pada Hari Valentine tahun 1984," tulis Bergman.

Bom meledak ketika Mohtashamipour membuka buku itu, merobek tangan kanannya dan dua jari di tangan kirinya. Tapi dia selamat, kemudian menjadi menteri dalam negeri Iran serta menjabat sebagai anggota parlemen garis keras sebelum bergabung dengan kubu reformis pada 2009.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1653 seconds (0.1#10.140)