Temui Wamenperindag Panama, Dubes Sukmo Berupaya Tingkatkan Hubungan Perdagangan dan Investasi

Minggu, 06 Juni 2021 - 11:18 WIB
loading...
Temui Wamenperindag Panama, Dubes Sukmo Berupaya Tingkatkan Hubungan Perdagangan dan Investasi
Dubes Indonesia untuk Panama, Sukmo Harsono, melakukan kunjungan kehormatan kepada Wakil Menteri Perindustrian dan Perdagangan (Wamenperindag) Panama, Juan Carlos Sosa. Foto/KBRI Panama City
A A A
PANAMA CITY - DubesIndonesia untuk Panama,Sukmo Harsono melakukan kunjungan kehormatan kepada Wakil Menteri Perindustrian dan Perdagangan (Wamenperindag) Panama , Juan Carlos Sosa, pada Kamis lalu . Pada pertemuan tersebut disampaikan beberapa hal terkait perkembangan kondisi perekonomian, peluang bisnis, serta hubungan perdagangan dan investasi antara Indonesia dan Panama.

“Upaya peningkatan hubungan di bidang perdagangan dengan Panama penting mengingat peran dan posisi Panama sebagai hub perdagangan dan logistik di kawasan Amerika Latin dan Karibia. Di sisi lain Indonesia merupakan negara dengan pasar terbesar di kawasan Asia Tenggara, oleh karena itu kerja sama Panama - Indonesia diharapkan akan saling menguntungkan," jelas Sukmo dalam rilis yang diterima Sindonews, Minggu (6/6/2021).

Untuk lebih memperkenalkan potensi kerja sama perdagangan dan investasi antara kedua negara kepada para pemangku kepentingan baik di tingkat pemerintah maupun para pengusaha, Sukmo mengundang delegasi Kementerian Perindustrian dan Perdagangan (Kemenperindag) Panama serta para pemangku kepentingan terkait untuk berpartisipasi dalam forum bisnis internasional Indonesia seperti INALAC Business Forum serta Trade Expo Indonesia yang akan dilaksanakan pada Oktober 2021.



Sukmo juga mengangkat isu terkait lamanya prosedur untuk mendapatkan visa bagi para pengusaha Indonesia yang akan berkunjung ke Panama. Hal tersebut dinilai sebagai salah satu kendala yang harus segera diatasi dalam upaya mendorong business to business contact. Terkait hal ini Wamenperindag Panama berjanji untuk membantu memberikan solusi.

“Kemenperindag siap memfasilitasi isu visa bila ada rencana kunjungan delegasi pengusaha Indonesia ke Panama untuk mengikuti acara-acara khusus seperti Expocomer atau pameran dan kegiatan bisnis lainnya”, demikian penjelasan Wamenperindag Panama kepada Sukmo.

Lebih lanjut guna memperkenalkan potensi masing-masing negara kepada para pemangku kepentingan di Panama maupun Indonesia, Wamenperindag Panama mengusulkan penyelenggaraan seminar virtual yang melibatkan kalangan pejabat tinggi setingkat Menteri atau Wakil Menteri maupun pengusaha di Indonesia dan Panama serta kamar dagang guna saling berbagi informasi tentang peluang bisnis yang dapat dikerjasamakan antara Panama dan Indonesia.



Selanjutnya, di hari yang sama KBRI Panama City telah menyelenggarakan kegiatan Business Meeting antara perusahaan Indonesia yaitu Mayora, Niramas Utama (Inaco), dan Sosro dengan perusahaan Panama, Farmazona.

Dalam sambutannya, Sukmo menyampaikan harapan semoga dapat tercipta kerja sama saling menguntungkan antara perusahaan Indonesia dan Panama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1724 seconds (0.1#10.140)