Foto Tersohor ‘Tank Man’ Lenyap dari Mesin Pencari Bing, Publik Bertanya-tanya

Sabtu, 05 Juni 2021 - 20:03 WIB
loading...
Foto Tersohor ‘Tank Man’ Lenyap dari Mesin Pencari Bing, Publik Bertanya-tanya
Seorang pria berdiri di depan barisan tank di Avenue of Eternal Peace, Lapangan Tiananmen, Beijing, 5 Juni 1989. Foto/REUTERS/Arthur Tsang
A A A
BEIJING - Pencarian untuk foto unjuk rasa "Tank Man" di Lapangan Tiananmen yang terkenal lenyap di mesin pencari Microsoft Bing pada Jumat (4/6).

Situasi itu membuat publik bertanya-tanya soal penyensoran tepat saat hari peringatan penumpasan berdarah oleh pemerintah China pada para pengunjuk rasa ketika itu.

Foto pemenang penghargaan dari tahun 1989 itu tidak muncul sama sekali dalam pencarian gambar atau video menggunakan Bing bahkan di luar China.



Selama ini China dikenal sebagai negara yang ketat mengontrol apa yang tersedia secara online.



"Ini karena kesalahan manusia yang tidak disengaja dan kami secara aktif bekerja untuk menyelesaikan ini," ungkap juru bicara Microsoft dalam menanggapi penyelidikan AFP yang dipicu laporan pers Amerika Serikat (AS).



Sementara itu, pencarian foto Tank Man menggunakan Google, yang memiliki sekitar 92% pasar global untuk kueri online menurut Statcounter, menghasilkan bermacam-macam gambar bersama dengan yang foto ikonik oleh fotografer Charlie Cole dan lainnya.

Pencarian Google tidak dapat diakses di China, di mana sensor telah membersihkan Tank Man dari internet. Baidu adalah mesin pencari yang dominan di China.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1035 seconds (0.1#10.140)