Warga 4 Negara Amerika Antusias Ikut Lomba Menyanyi Lagu Indonesia

Jum'at, 04 Juni 2021 - 08:37 WIB
loading...
Warga 4 Negara Amerika Antusias Ikut Lomba Menyanyi Lagu Indonesia
Warga empat negara Amerika antusias ikut lomba menyanyi lagu Indonesia. Foto/Antara
A A A
PANAMA CITY - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Panama City telah menyelenggarakan Lomba Menyanyi Lagu Indonesia di Youtube untuk warga negara Panama , Honduras , Kosta Rika dan Nikaragua pada tanggal 6 April – 19 Mei 2021. Pemenang lomba telah diumumkan di sosial media KBRI Panama City pada tanggal 31 Mei 2021 lalu. Lomba diselenggarakan dalam upaya memperkenalkan Indonesia serta menciptakan hubungan persahabatan antara masyarakat dari 4 negara akreditasi KBRI Panama City tersebut dan masyarakat Indonesia, melalui alunan musik dan lagu.

Pada 3 Juni 2021, DubesIndonesia Sukmo Harsono telah bertemu secara hybrid (fisik dan virtual) dengan 6 pemenang Lomba Menyanyi Lagu Indonesia di Youtube dari Panama, Honduras, Kosta Rika, dan Nikaragua, untuk menyerahkan hadiah secara simbolis serta mengapresiasi secara langsung kepada para pemenang atas upaya dan kreativitasnya dalam menyanyikan lagu Indonesia.

“Saya menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas usaha yang telah dilakukan para peserta dalam menyanyikan lagu-lagu Indonesia dengan sangat baik”, ujar Sukmo.

“Saya menganggap kalian semua sebagai friends of Indonesia, dan sebagai bagian dari bangsa Indonesia”, lanjutnya dalam rilis yang diterima Sindonews, Jumat (4/6/2021).



Para pemenang mengapresiasi inisiatif KBRI Panama City dalam menyelenggarakan lomba menyanyi.

“Sebagai musisi, saya dapat memahami bagaimana musik dapat menghubungkan sebuah bangsa dengan bangsa lainnya”, kata Genesis Gonzalez, pemenang lomba dari Panama.

Umumnya mereka mengakui pada awalnya mengalami kesulitan untuk menyanyikan lagu Indonesia. Namun tidak bagi Paula Fallas Sanchez, pemenang dari Kosta Rika yang pernah tinggal selama 3 tahun di Salatiga, Malang.

“Bahasa Indonesia dan Spanyol memiliki kemiripan dalam pengucapannya sehingga menyanyikan lagu Indonesia menurut saya tidak terlalu sulit”, jelas Paula.



Dalam lomba menyanyi ini, para peserta diwajibkan menyanyikan dua lagu Indonesia yang telah dipilihkan dan mengunggah video ke akun Youtube mereka. Lagu utama yang dibawakan oleh para peserta lomba adalah “Rayuan Pulau Kelapa”. Untuk lagu kedua diberikan pilihan antara lain “Kopi Dangdut”, “Meraih Bintang”, dan “Rindu” untuk kategori dewasa. Sedangkan untuk kategori anak-anak pilihannya adalah “Kembali ke Sekolah”, “Abang Tukang Bakso”, dan “Paman Datang”.

Video para pemenang lomba dari Panama, Honduras, Kosta Rika, dan Nikaragua menyanyikan lagu Indonesia dapat disaksikan melalui akun Youtube mereka dengan judul:

• Yo Canto en Indonesio – Genesis Gonzalez (Panama)
• Yo Canto en Indonesio – Chanisa Chance Alvendas (Panama)
• Yo Canto en Indonesio – Paula Fallas Sanchez (Kosta Rika)
• Yo Canto en Indonesio – Carmen Andrea Nunez Banegas (Honduras)
• Yo Canto en Indonesio – Paola Andrea Palacios Martinez (Nikaragua)
• Yo Canto en Indonesio – Yarisa Nicol Ponce Villafranca (Nikaragua)

Penyelenggaraan lomba menyanyi lagu Indonesia ini mendapatkan hasil diluar ekspektasi. Per tanggal 31 Mei saat pengumuman para pemenang, total views yang dihasilkan dari video seluruh peserta mencapai 10.943.

“Mengingat banyak masyarakat di empat negara tersebut tidak mengenal Indonesia, target kami tidak terlalu tinggi, yakni total 5000 views dari unggahan video di Youtube oleh para peserta. Namun diluar dugaan, views yang dihasilkan dari seluruh peserta mencapai lebih dari 10.000”, ungkap Sukmo.



Lomba menyanyi lagu Indonesia ini merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan oleh KBRI Panama City dan mendapat dukungan dari Yayasan Tahir. Sebelumnya, KBRI Panama City juga telah mempromosikan dan memperkenalkan Indonesia di Panama, Honduras, Kosta Rika, dan Nikaragua melalui berbagai macam cara antara lain mendatangkan grup seni dan budaya Saung Udjo ditahun 2018, menyelenggarakan Lomba Karya Tulis mengenai Indonesia ditahun 2019, serta aktif mengikuti berbagai kegiatan festival seni, budaya dan gastronomi yang diselenggarakan oleh pemerintah atau organisasi setempat.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1409 seconds (0.1#10.140)