Sosok Isaac Herzog, Presiden Baru Israel Cucu Eks Rabi Yahudi Palestina

Jum'at, 04 Juni 2021 - 00:47 WIB
loading...
A A A
Beberapa pengamat menyalahkan sifat ini atas kegagalannya mencapai ambisi pertamanya menjadi perdana menteri.

Karier politik Herzog dimulai sebagai sekretaris kabinet Ehud Barak antara 1999 dan 2000. Dia kemudian mencalonkan diri sebagai anggota Knesset dari Partai Buruh antara 2003 dan 2018, menaiki tangga dengan berbagai jabatan menteri hingga naik memimpin partai dari 2013-2018—membuatnya tidak berhasil mencalonkan diri sebagai perdana menteri pada tahun 2015.

Setelah kehilangan kepemimpinan partai, pada tahun 2018 dia diangkat sebagai ketua Badan Yahudi, sebuah badan profil tinggi yang menjadi penghubung antara Israel dan diaspora Yahudi, dalam peran yang membantunya terus memupuk koneksi politik dan tampil di panggung nasional dan internasional.

Netanyahu, yang tidak berhasil menentang ambisi Rivlin untuk peran yang sama, tidak mengungkapkan preferensi antara Herzog dan Peretz sebelum pemilihan. Beberapa pengamat menyatakan dia tidak ingin mendukung kuda yang salah untuk presiden, posisi yang memegang kekuasaan untuk mengampuni pelanggaran pidana di bawah "hukum dasar" negara itu.

Untuk saat ini, pertanyaannya adalah apakah pemilihan Herzog menandai tanda-tanda perubahan cuaca politik Israel—setidaknya, dalam hal politik dalam negeri.

Yang jelas ambisinya. Dalam pidato pertamanya setelah pemilihannya, Herzog mengatakan dia bermaksud “membangun jembatan” dalam masyarakat Israel dan dengan diaspora Yahudi dan “menjaga fondasi demokrasi Israel”—proses yang dituduh merusak oleh Netanyahu.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1898 seconds (0.1#10.140)