Jalan-jalan di Hungaria Diberi Nama yang Menyinggung China, Beijing Geram

Kamis, 03 Juni 2021 - 22:49 WIB
loading...
Jalan-jalan di Hungaria Diberi Nama yang Menyinggung China, Beijing Geram
Para aktivis kibarakan bendera Tibet di dekat Jalan Dalai Lama di sekitar kampus Universitas Fudan di Budapest, Hungaria, 2 Juni 2021. Foto/REUTERS/Bernadett Szabo
A A A
BUDAPEST - Beberapa jalan di sekitar proyek Universitas Fudan di Budapest, Hungaria , dinamai dengan nama-nama yang menyinggung masalah internal China . Pihak Beijing pun geram dan menganggap tindakan itu sebagai penghinaan.

Universitas Fudan merupakan salah satu universitas ternama China. Proyek luas untuk kampus tersebut di Budapest akan menjadi yang pertama di Eropa.



Empat rambu jalan di sekitar lokasi yang direncanakan untuk pendirian kampus itu sekarang memuat nama yang merujuk pada topik-topik menyakitkan, yang menarik kritik Beijing di luar negeri karena dugaan pelanggaran hak asasi manusia.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin pada Kamis (3/6/2021) menuduh politisi Hungaria membesar-besarkan masalah terkait China dan menghambat kerjasama kedua negara.

"Perilaku seperti itu di bawah penghinaan," kata Wang pada konferensi pers reguler seperti dikutip AFP.

Nama-nama jalan tersebut adalah “Jalan Bebas Hong Kong”, “Jalan Martir Uighur”, “Jalan Dalai Lama”, dan “Jalan Uskup Xie Shiguang”. Xie adalah nama imam Katolik China yang dianiaya.

Teguran Wang pada Hungarian mengikuti seruan Presiden China Xi Jinping agar negaranya menunjukkan wajah yang lebih lembut di luar negeri dan menumbuhkan citra yang dapat diandalkan, mengagumkan, dan terhormat.

Kementerian Luar Negeri China secara rutin mengecam politisi asing karena tidak mengikuti garis Beijing atas berbagai masalah dari Taiwan hingga penyelidikan penyebab pandemi COVID-19.

Sebidang tanah yang saat ini telantar di Budapest direncanakan untuk menampung kampus Universitas Fudan di kompleks setengah juta meter persegi pada tahun 2024. Proyek ini merupakan kesepakatan yang ditandatangani antara Hungaria dan presiden universitas yang berbasis di Shanghai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1961 seconds (0.1#10.140)