alexametrics

NATO-AS Sambut Baik Gencatan Senjata Taliban dan Afghanistan

loading...
NATO-AS Sambut Baik Gencatan Senjata Taliban dan Afghanistan
Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg dan Perwakilan Khusus AS untuk Rekonsiliasi Afghanistan, Zalmay Khalilzad mengatakan, pihaknya menyambut baik gencatan senjata antara Taliban dan Afghanistan. Foto/REUTERS
A+ A-
BRUSSELS - Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg dan Perwakilan Khusus Amerika Serikat (AS) untuk Rekonsiliasi Afghanistan, Zalmay Khalilzad mengatakan, pihaknya menyambut baik gencatan senjata antara Taliban dan Afghanistan. Kedua belah pihak sepakat untuk menggelar gencatan senjata selama Idul Fitri.

"Saya menyambut pernyataan pemerintah Afghanistan dan Taliban tentang gencatan senjata selama tiga hari pada Idul Fitri," kata Stoltenberg dalam sebuah pernyataan, seperti dilasir Sputnik pada Minggu (24/5/2020).

"Semua pihak harus menggunakan kesempatan ini untuk perdamaian, untuk kepentingan semua warga Afghanistan. NATO tetap berkomitmen untuk keamanan jangka panjang Afghanistan," sambungnya.

Sementara itu, Khalilzad mengatakan bahwa kesempatan untuk perdamaian ini tidak boleh dilewatkan dan bahwa AS akan melakukan bagiannya untuk membantu.



"Langkah-langkah positif lainnya harus segera mengikuti: pembebasan tahanan yang tersisa sebagaimana ditentukan dalam perjanjian AS-Taliban oleh kedua belah pihak," ucapnya.

"Tidak ada kembali ke tingkat kekerasan yang tinggi, dan kesepakatan tentang tanggal baru untuk dimulainya negosiasi intra-Afghanistan," sambungnya dan menambahkan bahwa perkembangan ini menawarkan kesempatan untuk mempercepat proses perdamaian.



Sebelumnya diwartakan, Presiden Taliban dan Afghanistan mengumumkan gencatan senjata selama tiga hari pada Sabtu malam.

Pesan yang dikeluarkan Taliban, yang kemudian diikuti pengumuman melalui Twitter dari Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani yang mengumumkan pemerintah memperluas tawaran perdamaian, datang hanya beberapa hari setelah Khalilzad berada di Kabul dan Doha.
(esn)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak