Oposisi Israel Deklarasikan Pemerintahan Baru, Bersiap Gulingkan Netanyahu

Kamis, 03 Juni 2021 - 08:19 WIB
loading...
Oposisi Israel Deklarasikan Pemerintahan Baru, Bersiap Gulingkan Netanyahu
Oposisi Israel deklarasikan pemerintahan baru, bersiap untuk menggulingkan Benjamin Netanyahu. Foto/DW
A A A
TEL AVIV - Pemimpin oposisi Israel semakin dekat untuk menggulingkan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu ketika secara resmi mengatakan kepada presiden negara itu bahwa ia telah mencapai kesepakatan dengan sekutu politiknya untuk membentuk pemerintahan baru.

"Saya merasa terhormat untuk memberi tahu Anda bahwa saya telah berhasil membentuk pemerintahan," kata Yair Lapid kepada Presiden Reuven Rivlin dalam email seperti dikutip dari Reuters, Kamis (3/6/2021).

Pemberitahuan itu diberikan sekitar 35 menit sebelum batas waktu yang ditetapkan pada Rabu tengah malam

Rivlin, yang menghadiri final piala sepak bola Israel pada saat itu, memberi selamat kepada Lapid melalui telepon, menurut kantornya.

Mitra utama Lapid adalah kelompok nasionalis Naftali Bennett, yang akan menjabat sebagai perdana menteri pertama di bawah rotasi antara kedua pria tersebut. Lapid (57) mantan pembawa acara TV dan menteri keuangan, akan mengambil alih setelah sekitar dua tahun.



Pemerintahan koalisi mereka akan terdiri dari partai-partai kecil dan menengah dari seluruh spektrum politik, termasuk untuk pertama kalinya dalam sejarah Israel sebuah partai yang mewakili 21% minoritas Arab Israel - The United Arab List.

Koalisi ini juga akan mencakup partai kanan Yamina pimpinan Bennett, kiri-tengah Biru dan Putih dipimpin oleh Menteri Pertahanan Benny Gantz, partai sayap kiri Meretz dan Buruh, partai nasionalis Yisrael Beitenu mantan menteri pertahanan Avigdor Lieberman dan New Hope, sebuah partai sayap kanan yang dipimpin oleh mantan menteri pendidikan Gideon Saar, yang memisahkan diri dari Partai Likud-nya Netanyahu.

Pemerintahan baru yang diharapkan akan dilantik dalam waktu sekitar 10-12 hari ke depan sangat rapuh karena hanya unggul tipis di parlemen. Kondisi ini menyisakan ruang bagi kubu Netanyahu untuk dan membatalkannya dengan menyerahkan anggota parlemen ke pihak mereka dan memberikan suara menentangnya.

Analis politik Israel secara luas menduga Netanyahu untuk mencoba setiap manuver politik yang mungkin untuk mewujudkannya, merekrut anggota Yamina yang tidak senang bergabung dengan anggota parlemen Arab dan sayap kiri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1825 seconds (0.1#10.140)