Membandingkan Israel Menjajah Palestina dengan Belanda Menjajah Indonesia

Kamis, 20 Mei 2021 - 12:19 WIB
loading...
A A A


Warga Palestina dengan kewarganegaraan Israel tunduk pada praktik diskriminatif dalam pendidikan, layanan publik, dan sistem hukum. Itulah kasus Samer Toume, yang hidup sebagai warga negara kelas dua di Israel dan menghadapi tantangan dalam mencoba terhubung kembali dengan asal-usulnya di Iqrit.

Tetapi bahkan kehidupan orang-orang Palestina di bawah yurisdiksi PA sangat dipengaruhi oleh pendudukan Israel. Hassan Darwish (nama diubah untuk melindungi identitasnya), 27, lahir prematur di sebuah rumah sakit Israel di Yerusalem, tetapi ia dibesarkan di kota Ramallah di area A. Realitas hidup di bawah pendudukan militer menjadi terlalu jelas bagi Hassan pada usia 12 tahun, ketika dia ditangkap dan dijatuhi hukuman dua tahun penjara karena melemparkan batu ke tentara Israel selama bentrokan di kamp pengungsi tempat kakek neneknya tinggal.

"Saya sedang bermain dengan sepupu saya di kamp Jalazone ketika tentara Israel masuk," kata Hassan. “Ada bentrokan besar, semua anak mulai berlari ke arahnya dan saya juga lari. Dalam benak saya, kami hanya bermain-main, melempar batu. Setelah itu, saya terbangun di penjara."

Mengingat peristiwa tersebut, suara Hassan akan mengeluarkan nada kemarahan dan frustrasi. “Saya berumur 12 tahun, Anda tahu apa artinya? Saya masih kecil, apa yang bisa saya lakukan terhadap Israel? Israel, Israel apa? Saya tidak tahu apa-apa."

Hilangnya kebebasan pribadi adalah tema yang berulang dalam cerita Hassan, dan itu meresap ke semua aspek pengalaman orang Palestina. Tingkat pengangguran yang tinggi di Tepi Barat telah mendorong banyak orang Palestina untuk mencari pekerjaan di Israel atau di permukiman, di mana mereka dipekerjakan sebagai tenaga kerja murah, seringkali secara ilegal. Meninggalkan wilayah tanpa izin berarti berisiko dipenjara dan, menurut Hassan, izin ditolak setiap saat.

“Kami tinggal di penjara besar," lanjut dia. “Jika Anda, sebagai manusia, bekerja setiap hari, dan ingin melakukan perjalanan dengan keluarga, teman, atau pacar, Anda tidak punya tempat tujuan. Tepi laut kami ditempati. Jika Anda ingin bepergian ke mana pun Anda harus mengosongkan mobil Anda terlebih dahulu, karena alat apa pun yang mungkin dapat digunakan untuk melukai seseorang, bahkan pemotong kuku, dapat membuat Anda ditangkap atau bahkan dibunuh."

"Seorang teman dari Brazil membawakan saya batu dari Yerusalem. Aneh, karena ini adalah kota tempat saya dilahirkan, tetapi setelah 27 tahun saya tidak dapat pergi ke sana dan mengambilnya sendiri. Saya menunjukkannya kepada semua teman saya: mereka merasa senang karena kita bisa menyentuhnya, dan menciumnya."

Yang lebih mengerikan adalah situasi Gaza, di mana penduduk diperlakukan sebagai kombatan musuh dan mengalami blokade darat, udara, dan laut yang telah menyusutkan Produk Domestik Bruto (PDB) wilayah tersebut hingga 50 persen sejak 2007, menurut Bank Dunia.

Pada 30 Maret 2018, para pengungsi Gaza meluncurkan serangkaian demonstrasi mingguan yang disebut "Great March of Return", yang diprogram untuk berakhir pada 15 Mei, Hari Nakba. Ketika ribuan orang berkumpul di dekat perbatasan untuk memprotes isolasi mereka dan secara simbolis melakukan perjalanan kembali ke tanah mereka, IDF telah menanggapi dengan gas air mata dan amunisi tajam, menyebabkan puluhan orang terbunuh atau pun terluka.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1010 seconds (0.1#10.140)