Peringati 60 Tahun Hubungan Diplomatik, KBRI Addis Ababa Gelar Forum Wirausaha RI-Ethiopia

loading...
Peringati 60 Tahun Hubungan Diplomatik, KBRI Addis Ababa Gelar Forum Wirausaha RI-Ethiopia
Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) Addis Ababa menggelar forum wirausaha Indonesia-Ethiopia, sebagai bagian dari peringatan 60 tahun hubungan diplomatik kedua negara. Foto/KBRI Addis Ababa
ADDIS ABABA - Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) Addis Ababa menggelar forum wirausaha Indonesia- Ethiopia. Forum ini adalah bagian dari peringatan 60 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Duta Besar Indonesia untuk Addis Ababa, Al Busyra Basnur saat membuka forum itu mengatakan, sejak Indonesia dan Ethiopia resmi menjalin hubungan diplomatik pada tahun 1961, kerjasama kedua negara meningkat pesat di bidang politik, ekonomi dan sosial budaya.

Al Busyra menuturkan, ini adalah forum kedua. Dua tahun yang lalu, KBRI Addis Ababa menyelenggarakan 1st Indonesia-Ethiopia Young Entrepreneur Forum (IEYEF), dihadiri oleh sekitar 200 ratus wirausaha muda terkemuka dari kedua negara.

"Forum ini bertujuan untuk mendorong koneksi dan kerjasama antara Ethiopia dan Indonesia, khususnya para pengusaha muda dari kedua negara tersebut," ucapnya, pada Selasa (18/5/2021).

"Pada pertemuan yang sama, dua tahun yang lalu, kami juga mendirikan Indonesia-Ethiopia Youth Association (IEYA), yang bekerja sama dengan kami, sebagai salah satu pilar strategis untuk terhubung secara menyeluruh dan untuk menciptakan kerjasama yang lebih baik dan lebih kuat antar generasi muda. Ethiopia dan Indonesia," sambungnya.



Dia mengatakan, forum ini sejatinya digelar tahun lalu, tapi karena pandemi Covid-19 itu dijawal ulang. "Dan tahun ini, sekarang, itu terjadi fan, Forum ini juga diadakan dalam rangka memperingati 60 tahun hubungan diplomatik kita," ujarnya.

Diplomat senior Indonesia mengatakan, peran generasi muda sangat penting dalam meningkatkan hubungan antar bangsa. Baca juga: Calon Duta Muda Indonesia-Ethiopia, Dubes Al Busyra Dorong Pelajar Daftar ke IESCOP

Menurutnya, di Indonesia, wirausahawan muda berkembang pesat dan hal serupa juga berlaku di Ethiopia. Perkembangan ini, jelasnya, tentunya menjadi modal dasar yang sangat penting bagi kedua negara untuk meningkatkan hubungan dan kerjasama bilateral khususnya di bidang ekonomi.

"Kemudian, Forum Wirausaha Muda menjadi pusat perhatian saya dan menjadi salah satu pilihan untuk dikembangkan," lanjutnya.

Acara ini, akan memberikan kesempatan kepada pengusaha muda Ethiopia dan Indonesia untuk berbagi pengalaman mereka terkait bisnis dan cara mereka mengatasi situasi pandemi Covid-19 saat ini, bagaimana mereka memanfaatkan ekonomi digital untuk bisnis mereka, kemungkinan dan peluang untuk menjalin kerjasama antara Indonesia dan Ethiopia, dan nilai dan motivasi mereka untuk menjadi pengusaha muda yang sukses," ucapnya.



Di akhir sambutanya, Al Busyra menyampaikan apresiasi dan terima kasih banyak kepada para pembicara atas kontribusinya yang berharga dalam Forum ini dan juga kepada para peserta di Ethiopia dan Indonesia.

"Partisipasi Anda akan bermanfaat bagi negara kita sekarang dan di masa depan, Ethiopia dan Indonesia," tukasnya. Baca juga: Dubes Al Busyra Berbagi Cerita Ramadhan dan Warga Indonesia di Ethiopia
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top