Rusia Siap Gelar Perundingan Langsung Palestina dan Israel

Selasa, 18 Mei 2021 - 03:32 WIB
loading...
Rusia Siap Gelar Perundingan Langsung Palestina dan Israel
Menlu Rusia Sergey Lavrov. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Rusia siap mengatur perundingan langsung Palestina dan Israel untuk mengurangi ketegangan yang meningkat antara kedua belah pihak.

Tawaran itu diungkapkan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov di Moskow pada Senin (17/5).

Berpidato dalam konferensi pers di Moskow setelah pertemuan dengan Menlu Sierra Leone David John Francis, Sergey Lavrov meminta Israel dan Palestina untuk berhenti berperang.



“Untuk negosiasi langsung, dan hanya melalui mereka kita dapat menyetujui pembentukan negara Palestina yang akan hidup damai dan aman, sesuai keputusan Dewan Keamanan PBB, berdampingan dengan Israel dan negara-negara lain di kawasan, agar perundingan seperti itu dimulai, kekerasan di semua sisi perlu dihentikan," ujar dia.



Lavrov ingat bahwa resolusi PBB tentang masalah Palestina memberikan solusi dua negara untuk masalah Palestina, status quo pada tempat-tempat suci Yerusalem, dan dengan tegas melarang kegiatan ilegal Israel.



"Kami mengutuk serangan dari kedua belah pihak, yang menargetkan daerah pemukiman. Serangan terhadap sasaran sipil tidak dapat diterima," tegas Lavrov.

Dia juga mengutuk kegiatan permukiman Israel, dengan mengatakan, "Ini mengambil bentuk ekstrim seperti mengusir orang ke jalan."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1735 seconds (0.1#10.140)