Palang Merah: Serangan Israel Hambat Upaya Bantu Warga Sipil di Gaza

Senin, 17 Mei 2021 - 13:45 WIB
loading...
Palang Merah: Serangan Israel Hambat Upaya Bantu Warga Sipil di Gaza
Pengeboman Israel di Gaza mencegah Komite Palang Merah Internasional (ICRC) dan organisasi lain membantu warga sipil yang terluka atau terkena dampak serangan udara. Foto/REUTERS
A A A
GAZA - Pengeboman Israel di Gaza mencegah Komite Palang Merah Internasional(ICRC) dan organisasi lain membantu warga sipil yang terluka atau terkena dampak serangan udara. Hal itu diungkapkan oleh ICRC.

“Bagi orang-orang di Gaza, akses ke rumah sakit dan infrastruktur penting lainnya menjadi sangat rumit karena serangan udara yang terus-menerus, dan kerusakan besar pada jalan dan bangunan,” kata Direktur Jenderal ICRC, Robert Mardini.

Warga dan jurnalis melaporkan bahwa beberapa bangunan dan jalan utama menuju rumah sakit Shifa, salah satu rumah sakit terbesar di Gaza telah hancur.

Rumah sakit Shifa telah berperan penting dalam merawat puluhan warga sipil yang terluka selama serangan Israel di kota yang diblokade itu.

“Aktor di lapangan harus menghentikan siklus kekerasan ini. Aturannya sangat jelas bahwa warga sipil harus dilindungi setiap saat. Sayangnya, hal itu tidak terjadi hari ini," ucap Mardini, seperti dilansir Al Arabiya pada Senin (17/5/2021).

"Arus pemboman yang terus menerus juga mencegah ICRC dan organisasi kemanusiaan lainnya untuk dapat membantu mereka yang terkena dampak dan membutuhkan di Gaza," sambungnya. Baca juga: Aksi Bela Palestina, Massa di Surabaya Injak-injak Bendera Israel

Total sebanyak 192 orang tewas di Gaza sejak konflik antara Hamas dan Israel meningkat pada pekan lalu. Sedangkan di Israel 10 orang tewas termasuk seorang tentara militer, sejak perang pecah.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1730 seconds (0.1#10.140)