Dihujani Lebih dari 600 Roket Gaza, Iron Dome Israel Kewalahan

Rabu, 12 Mei 2021 - 09:14 WIB
loading...
Dihujani Lebih dari 600 Roket Gaza, Iron Dome Israel Kewalahan
Garis cahaya terlihat saat sistem anti-rudal Iron Dome Israel mencegat roket-roket yang diluncurkan dari Jalur Gaza menuju Israel, seperti yang terlihat dari Ashkelon, Israel, 10 Mei 2021. Foto/REUTERS/Amir Cohen
A A A
ASHKELON - Lebih dari 600 roket yang ditembakkan dari Gaza, Palestina , telah menghujani Israel sejak pertempuran dimulai hari Senin. Serangan masif ini membuat sistem pertahanan rudal Iron Dome andalan rezim Zionis sempat kewalahan.

Data jumlah roket yang menghujani wilayah negara Yahudi itu dilaporkan media setempat, Kan,Rabu (12/5/2021). Pasukan Pertahanan Israel (IDF) tidak menyebut angka, namun mengonfirmasi bahwa sistem pertahanan rudalnya mencegat ratusan roket musuh.



Menurut laporan media tersebut, sistem Iron Dome kewalahan ketika lima dari sekian ratus roket menghantam rumah secara langsung."Empat di Ashkelon dan satu di Ashdod," bunyi laporan tersebut.

Media Israel lainnya, Channel 12, melaporkan sistem Iron Dome yang mengamankan Ashkelon dan sekitarnya sudah diperbaiki dan sekarang beroperasi penuh.

Brigade Izzuddin al-Qassam, sayap militer Hamas, yang telah bersumpah untuk mengubah kota-kota Israel menjadi "neraka" dengan hujan roket, mengeklaim telah menembakkan 137 roket ke arah Ashkelon dan Ashdod hanya dalam waktu lima menit.

Namun, juru bicara militer Israel Jonathan Conricus mengatakan bahwa lebih dari 90 persen roket dari Gaza dicegat oleh sistem pertahanan rudal Iron Dome. Sedangkan jet-jet tempur dan helikopter serang telah melakukan lebih dari 130 serangan terhadap sasaran militer di Gaza.

Hingga saat ini, tiga orang tewas di pihak Zionis Israel. Sedangkan di pihak Gaza, 32 orang tewas termasuk anak-anak.



Polisi Israel mengatakan lebih dari 90 warga di Ashdod dan Ashkelon terluka oleh ledakan roket dan rudal. Salah satu bangunan yang rusak akibat serangan dari Gaza adalah adalah sekolah, meskipun tidak ada kegiatan belajar mengajar saat penyerangan.

Sedangkan Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan sebanyak 32 orang tewas dan 152 orang lainnya terluka.

Konflik besar ini kemungkinan masih jauh dari selesai, karena militer Israel memanggil 3.000 tentara cadangan untuk siap tempur. Tank-tank tempur juga sudah disiagakan di perbatasan dekat Gaza.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1798 seconds (0.1#10.140)