Ilmuwan Temukan 'Fosil Hidup' di Dasar Laut dekat Jepang

Selasa, 11 Mei 2021 - 21:07 WIB
loading...
Ilmuwan Temukan Fosil Hidup di Dasar Laut dekat Jepang
Para ilmuwan menemukan fosil hidup yang diperkirakan telah punah selama 273 juta tahun di dasar laut dekat Jepang. Foto/Ilustrasi
A A A
TOKYO - Dua makhluk laut simbiosis yang entah bagaimana caranya menghindari mata-mata ilmuwan manusia dan 'menghilang' dari catatan fosil lebih dari seperempat miliar tahun yang lalu telah ditemukan tumbuh subur di lepas pantai Jepang .

Makhluk yang dimaksud adalah karang dan crinoid non-kerangka, atau lili laut, yang ditemukan berkembang biak di dasar Samudra Pasifik, 100 meter di bawah permukaan, di lepas pantai Honshu dan Shikoku di Jepang.

Mereka berhasil bertahan hidup tanpa terdeteksi, telah kehilangan AWOL dari rekaman fosil lebih lama dari yang diperkirakan manusia modern (200.000-300.000 tahun yang lalu).



“Spesimen ini mewakili catatan rinci pertama dan pemeriksaan asosiasi syn vivo baru-baru ini dari crinoid (inang) dan hexacoral (epibiont),” tulis para peneliti seperti dikutip dari Russia Today, Selasa (11/5/2021).



Crinoid dan karang berbagi hubungan simbiosis yang panjang jutaan tahun yang lalu, di mana karang akan menggunakan crinoid untuk naik lebih tinggi dari dasar laut untuk mendapatkan akses ke lebih banyak makanan yang ditemukan dalam arus laut yang lewat.

Tim peneliti gabungan Polandia-Jepang, yang dipimpin oleh ahli paleontologi Mikolaj Zapalski dari Universitas Warsawa di Polandia, menggunakan mikroskop stereoskopik untuk melakukan pemeriksaan 'lepas tangan' dari teman-teman era Paleozoikum sebelum memindai mereka menggunakan mikrotomografi untuk melihat struktur interior mereka.



Mereka menyelesaikan investigasi non-invasif mereka menggunakan barcode DNA untuk mengidentifikasi spesies yang tepat.

Para peneliti menemukan bahwa spesimen yang baru ditemukan kembali ini tidak mengubah struktur kerangka crinoid, memberikan petunjuk yang mungkin mengapa mereka menghilang dari catatan fosil begitu lama; fosil organisme bertubuh lunak semakin langka.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1627 seconds (0.1#10.140)