Ngengat Monster Sebesar Tikus Ditemukan di Sekolah Australia

Rabu, 05 Mei 2021 - 10:53 WIB
loading...
Ngengat Monster Sebesar Tikus Ditemukan di Sekolah Australia
Ngengat monster berukuran tikus ini ditemukan di sebuah sekolah di Australia. Foto/Newsweek
A A A
CANBERRA - Australia adalah rumah bagi makhluk liar menakutkan dan tidak bisa yang jumlahnya tidak terhitung, dari ular berbisa hingga kadal raksasa dan tarantula berbulu. Namun dari itu semua mungkin adalah serangga yang kurang terkenal ini: ngengat besar yang dilaporkan "seukuran tikus".

Pada hari Selasa, News.com.au melaporkan bahwa ngengat yang sangat besar, berukuran panjang dua kepalan tangan, ditemukan di Queensland. Setelah hewan tersebut ditemukan oleh para pekerja di sebuah lokasi konstruksi di Mount Cotton State School, mereka mengambil foto yang kemudian dibagikan oleh pihak sekolah di media sosial.

Gambar itu menunjukkan ngengat yang hinggap di tepi gergaji sementara sepasang tangan memegangnya dari jarak yang aman. Makhluk abu-abu yang tampak kabur itu jelas sangat besar, tampaknya berukuran sekitar sepertiga dari panjang bilahnya.

Dalam wawancara dengan Radio ABC, Dr. Christine Lambkin, kepala entomologi di Museum Queensland, mengidentifikasi spesies tersebut sebagai ngengat kayu raksasa, yang sebenarnya adalah ngengat terbesar di dunia menurut beratnya.



Faktanya, ngengat jenis ini menjadi sangat berat sehingga mereka kesulitan untuk terbang.

"Mereka terbang sangat, sangat buruk," ujar Lambkin.

"Dalam kebanyakan kasus, ketika mereka muncul, betina, mereka hanya merangkak ke atas pohon lokal dan duduk di sana dan menunggu sang jantan menemukan mereka," jelasnya seperti dikutip dari Newsweek, Rabu (5/5/2021).

Untuk diketahui betina dari spesies ini dapat mencapai lebar sayap hampir sepuluh inci dan berat hingga 30 gram, sedangkan jantannya jauh lebih kecil.

Kepala sekolah dasar Meagan Steward dilaporkan menyebut penemuan itu sebagai penemuan luar biasa, tetapi menambahkan bahwa mereka tidak terkejut bahwa ngengat itu bersembunyi di halaman sekolah. Lokasi sekolah, di samping hutan hujan, telah membawa hewan-hewan aneh ke sekolah itu sebelumnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1092 seconds (0.1#10.140)