CCTV Merekam Momen Ambruknya Jembatan Rel Kereta Meksiko

Selasa, 04 Mei 2021 - 21:19 WIB
loading...
CCTV Merekam Momen Ambruknya Jembatan Rel Kereta Meksiko
CCTV merekam momen ambruknya rel kereta api Meksiko. Foto/Sputniknews
A A A
MEXICO CITY - Rekaman CCTV berhasil merekam momen-momen saat jembatan kereta Mexico City, Meksiko ambruk saat kereta api melintas tepat di atas mobil di jalan raya yang berada di bawahnya. Ambruknya jembatan tersebut meninggalkan awan debut dan jejak kehancuran.

Sebuah video yang dibagikan oleh stasiun televisi lokal menunjukkan area yang tertutup awan debu dari reruntuhan, yang terjadi sekitar pukul 10.30 malam waktu setempat dekat stasiun Olivos di borough sisi selatan Tlahuac.

Milenio TV membagikan video momen tepat runtuhnya jembatan dan jatuhnya (kereta bawah tanah) di atas mobil di Twitter. Video tersebut telah tayang hampir 90.000 sejak pertama kali diposting seperti dikutip dari Newsweek, Selasa (4/5/2021).



Sedikitnya 23 orang meninggal, termasuk sejumlah anak-anak, dan 65 orang dirawat di rumah sakit akibat kejadian tersebut.



Wali Kota Mexico City Claudia Sheinbaum mengatakan bahwa balok penyangga terlepas, menjelaskan bahwa balok itu telah runtuh tepat saat kereta melewatinya. Penyebab kecelakaan itu sedang diselidiki.

"Sayangnya ada anak-anak di antara yang tewas," kata Sheinbaum tanpa mengungkapkan berapa banyak. Tujuh korban dilaporkan berada dalam "kondisi gawat" dan menjalani operasi.

"Seorang pengendara mobil berhasil diselamatkan hidup-hidup dari sebuah mobil yang terperangkap di bawah reruntuhan di jalan raya," tambah walikota.

Setidaknya dua gerbong kereta bawah tanah dilaporkan bergelantungan di jalan layang yang rusak.

Operasi penyelamatan ditangguhkan Selasa pagi di tengah kekhawatiran bagian-bagian kereta bisa tergelincir lebih jauh ke jalan.



Lusinan tim penyelamat dilaporkan berada di tempat kejadian, dengan petugas medis dan pemadam kebakaran berusaha mengakses gerbong kereta bawah tanah. Anggota tentara juga dilaporkan berada di lokasi.

Carlos Zuniiga Perez, seorang reporter lokal, men-tweet video jembatan yang runtuh dan kereta api di jalan.

"Kecelakaan baru di kereta bawah tanah #CDMX. Sebuah kereta di jalur 12 jatuh dari jembatan antara stasiun Tezonco dan Olivos," cuitnya di samping video tersebut, yang telah tayang setidaknya 1,7 juta sejak pertama kali dibagikan.



Jurnalis lokal lainnya, Joaquin Lopez-Doriga, membagikan beberapa gambar dan cuplikan video dari tempat kejadian. Satu video menunjukkan anggota kru darurat naik ke gerbong kereta bawah tanah di tengah upaya penyelamatan. Video ini telah ditonton lebih dari 17.000 kali sejak pertama kali dibagikan.



Video lain menunjukkan beberapa orang yang terluka terbaring di tanah dikelilingi oleh orang lain.

"22 ambulans dari ERUM [Escuadron de Rescate y Urgencias Medicas, tim penyelamat darurat kota] dan delapan dari Palang Merah tiba di stasiun Metro Olivos. Layanan ditangguhkan di seluruh Jalur," tweet Lopez-Doriga.



Jalur 12, di antara jalur kereta bawah tanah terbaru kota, berjalan di atas bangunan yang ditinggikan melalui pinggiran kota. Jalur ini beroperasi di bawah tanah melalui area yang lebih sentral di Mexico City, yang merupakan rumah bagi sekitar 9 juta orang.

Jalur itu dibangun pada 2012 sementara Menteri Hubungan Luar Negeri Meksiko Marcelo Ebrard menjadi walikota kota itu dari 2006 hingga 2012.

Tuduhan seputar desain dan konstruksinya yang buruk terungkap setelah Ebrard meninggalkan kantornya. Jalur tersebut sebagian ditutup sehingga jalur dapat diperbaiki kembali pada tahun 2013.

Lihat foto: Jembatan Layang Kereta Metro Roboh di Meksiko, 23 Orang Tewas

"Apa yang terjadi hari ini di Metro adalah tragedi yang mengerikan. Solidaritas saya dengan para korban dan keluarga mereka," tweet Ebrard.

"Tentu saja, penyebab harus diselidiki dan tanggung jawab ditentukan. Saya menegaskan kembali diri saya sendiri pada seluruh pembuangan pihak berwenang untuk berkontribusi dalam apa pun yang diperlukan," tweetnya lagi.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)