AS-Israel Sepakat Kerja Sama Lawan Drone dan Rudal Iran

Rabu, 28 April 2021 - 13:02 WIB
loading...
AS-Israel Sepakat Kerja Sama Lawan Drone dan Rudal Iran
AS-Israel sepakat bekerja sama menghadapi drone dan rudal Iran. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Pejabat Amerika Serikat (AS) dan Israel bertemu di Kedutaan Besar Israel di Washington untuk membahas dugaan upaya nuklir Iran dan berbagi informasi sensitif yang, karena masalah keamanan, tidak dapat dibahas dalam pertemuan virtual.

Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan, Penasihat Keamanan Nasional Israel Meir Ben-Shabbat, serta beberapa pejabat AS dan Israel lainnya setuju bahwa kedua negara harus membentuk kelompok kerja antar-lembaga untuk melawan ancaman yang berkembang dari Kendaraan Udara Tak Berawak dan Rudal Pemandu Presisi yang diproduksi oleh Iran dan diberikan kepada proxynya di Kawasan Timur Tengah.

Menurut rilis Gedung Putih, para pejabat kedua pemerintah juga setuju bahwa perilaku agresif Iran di Timur Tengah merupakan ancaman yang signifikan.



Berdasarkan tekad ini, para pejabat AS menyampaikan bahwa Presiden AS Joe Biden dan pemerintahannya memiliki dukungan yang tak tergoyahkan bagi hak Israel untuk mempertahankan diri.

Sebelum pertemuan, kelompok strategis bilateral Sullivan dan Ben-Shabbat bertemu dua kali dalam pertemuan virtual. Menurut laporan media Israel, para pejabat menyerukan pertemuan langsung untuk berbagi informasi sensitif.

"Amerika Serikat memperbarui Israel tentang pembicaraan di Wina dan menekankan minat yang kuat AS untuk berkonsultasi erat dengan Israel tentang masalah nuklir yang akan datang," bunyi rilis itu merinci seperti dikutip dari Sputnik, Rabu (28/4/2021).

Konsultasi tersebut kemungkinan besar terkait dengan Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) 2015, yang telah menjadi subyek beberapa pertemuan di Wina, Austria.



Pekan lalu, Presiden Iran Hassan Rouhani menyatakan bahwa AS dan Iran dapat segera mencapai kesepakatan mengenai JCPOA - selama Washington tetap "jujur" dalam negosiasi.

Pada saat yang sama, beberapa pejabat Israel tidak setuju dengan negosiasi AS-Iran yang sedang berlangsung, dan telah berbicara untuk mendukung pendekatan "tekanan maksimum" dari pemerintahan mantan Presiden AS Donald Trump.

"Mungkin Amerika ingin percaya bahwa mereka akan mendapatkan kesepakatan yang lebih baik di masa mendatang," kata seorang diplomat Israel kepada Israel Hayom.

"Tetapi saat mereka kembali ke perjanjian awal mereka kehilangan semua pengaruh dengan Iran, yang tidak memiliki kepentingan apapun untuk mengubahnya. Janji ini bisa berarti bohong atau berpura-pura naif," imbuhnya.

Rekaman media sosial menunjukkan Sullivan dan lainnya keluar dari Kedutaan.



Peserta pertemuan termasuk Duta Besar Israel untuk AS Gilad Erdan, Koordinator Dewan Keamanan Nasional (NSC) untuk Timur Tengah dan Afrika Utara Brett McGurk dan Barbara Leaf, calon Biden untuk asisten menteri luar negeri untuk Urusan Timur Dekat.

Para pejabat juga membahas lusinan roket yang diluncurkan dari Gaza ke Israel. Sistem pertahanan rudal Iron Dome Israel mencegat sejumlah roket dan anggota Pasukan Pertahanan Israel (IDF) membalas tembakan dalam beberapa kasus.

IDF baru-baru ini mengidentifikasi dua peluncuran yang gagal dari Gaza.

"AS mengutuk keras serangan roket yang membabi buta baru-baru ini dari Gaza ke Israel," mencatat bahwa pemerintahan Biden akan terus mendukung solusi dua negara.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1282 seconds (0.1#10.140)