Beredar Video Wanita Afghanistan Memohon Ampun Dicambuk Taliban 40 Kali

Selasa, 27 April 2021 - 19:11 WIB
loading...
A A A
Kemunculan video ini berfungsi untuk menggarisbawahi kekuatan yang masih dimiliki Taliban di negara itu meskipun Washington telah melakukan intervensi militer selama dua dekade dan triliunan dolar dikucurkan untuk meningkatkan kehidupan.

Presiden AS Joe Biden pada awal bulan ini mengumumkan rencananya untuk menarik 2.500 tentara AS yang tersisa pada 11 September, bertepatan dengan peringatan 20 tahun serangan 9/11.



Keputusan sepihak ini mengabaikan tanggal yang ditetapkan oleh Taliban dan pemerintah Afghanistan dalam Perjanjian Doha pada Februari tahun lalu menyusul pembicaraan damai yang ditengahi oleh Washington. Menurut perjanjian itu, pasukan AS dan sekutunya NATO harus menarik diri dari Afghanistan dalam waktu 14 bulan, pada 1 Mei 2021, asalkan kedua pihak menjunjung tinggi sisi perjanjian mereka.

Garis waktu baru yang ditetapkan Biden hingga September membuat geram Taliban yang kini berusaha menjauhkan diri dari dorongan pimpinan AS untuk perdamaian.

Kelompok itu mengatakan awal bulan ini bahwa delegasinya tidak akan lagi melakukan perjalanan ke Turki untuk konferensi perdamaian yang dimaksudkan untuk memulai negosiasi.

Juru bicara Taliban Zabiullah Mujahid mengatakan mereka yang bertanggung jawab untuk menunda pemindahan pasukan AS dan NATO dari Afghanistan akan 'dimintai pertanggungjawaban'.



"Jika perjanjian (Doha) dilanggar dan pasukan asing gagal keluar dari negara kami pada tanggal yang ditentukan, masalah pasti akan bertambah dan mereka yang gagal mematuhi perjanjian akan dimintai pertanggungjawaban," tulis Mujahid di Twitter.

Berita tersebut telah memicu kekhawatiran bahwa Taliban akan melancarkan serangan musim semi, peningkatan serangan yang biasanya terjadi saat cuaca semakin hangat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1165 seconds (0.1#10.140)