Ruqyah dan Pemerkosaan 'Korektif', Terapi Konversi LGBT yang Kontroversial di Indonesia

Senin, 26 April 2021 - 15:44 WIB
loading...
A A A
“Kembali [kepada Tuhan] sebelum terlambat,” bunyi selebaran digital yang dipasang di situs web Indonesia yang sekarang dihapus, TerapiKonversi.co, yang juga menawarkan terapi kejut listrik, pengusiran setan, dan apa yang disebut sesi "sholat-the-gay-away".

Dalam tanggapan email atas permintaan This Week In Asia untuk informasi lebih lanjut sebelum situs itu ditutup, mereka yang berada di belakang situs tersebut mengatakan bahwa mereka berbasis di Jakarta dan Bali, dan mengutip harga berikut untuk perawatan; USD20 untuk tiga sesi doa; USD70 untuk maksimal lima sesi terapi sengatan listrik; USD100 untuk empat sesi ruqyah; dan USD200 untuk “terapi seks”—atau pemerkosaan korektif.

"[Harga] tergantung pada tingkat keparahan penyakit Anda," bunyi jawaban pengelola situs tersebut.

"Harap diperhatikan bahwa kami hanya melayani mereka yang memiliki permintaan serius."

Sebelum kehadirannya di media sosial dihapus, sebuah akun yang terkait dengan situs tersebut dikabarkan mengirim pesan kepada beberapa aktivis LGBT Indonesia di Instagram.

Halaman Facebook dengan nama “Terapi Konversi” yang sama, yang sebagian besar membagikan kutipan dan pesan Al-Qur'an yang memuji pentingnya taubat, disukai sekitar 2.600 kali sebelum ditutup.

Meskipun semua jejak situs TerapiKonversi.co telah dihapus dari internet, tidak ada tindakan lebih lanjut yang telah diambil oleh pihak berwenang Indonesia terhadap operator layanan.

Aktivis hak asasi manusia, yang pertama kali mencatat keberadaan situs web pada Februari, menyebutnya sebagai "tidak manusiawi" dan mengatakan itu adalah contoh lain dari diskriminasi terhadap komunitas LGBT di Indonesia.

Para aktivis mengatakan homoseksualitas tidak ilegal di Indonesia, tetapi retorika anti-LGBT dan penganiayaan telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, didorong oleh kebangkitan fundamentalisme agama di negara ini.

Andreas Harsono dari Human Rights Watch (HRW) Indonesia mengatakan "menjijikkan" bahwa pemerkosaan ditawarkan sebagai layanan "atas nama terapi agama".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2786 seconds (0.1#10.140)