Australia: Konflik dengan China atas Taiwan Tidak Boleh Diabaikan

Minggu, 25 April 2021 - 21:54 WIB
loading...
Australia: Konflik dengan China atas Taiwan Tidak Boleh Diabaikan
Australia mengatakan konflik dengan China atas Taiwan tidak boleh diabaikan. Foto/REUTERS
A A A
CANBERRA - Australia mengatakan konflik dengan China atas Taiwan "tidak boleh diabaikan". Tetapi, Canberra mengatakan akan bekerja dengan sekutunya di kawasan itu untuk mencoba dan memelihara perdamaian.

"Saya tidak berpikir (konflik) harus diabaikan. China semakin jelas tentang ambisi reunifikasi dengan Taiwan," kata Menteri Pertahanan Australia, Peter Dutton, seperti dilansir Channel News Asia pada Minggu (25/4/2021).

"Orang-orang harus realistis tentang aktivitas tersebut. Ada militerisasi pangkalan di seluruh wilayah. Jelas, ada sejumlah besar aktivitas dan ada permusuhan antara Taiwan dan China," sambungnya.

Dia menuturkan, bahwa meskipun ada kesiapan tingkat tinggi bagi pasukan pertahanan Australia untuk menghadapi ancaman apa pun di kawasan itu terhadap sekutu Australia, Canberra akan bekerja untuk mencoba menjaga perdamaian.

"Kami ingin memastikan kami terus menjadi tetangga yang baik di kawasan itu, bahwa kami bekerja dengan mitra kami dan dengan sekutu kami dan tidak ada yang ingin melihat konflik antara China dan Taiwan atau di mana pun," ungkapnya.

Hubungan diplomatik Australia dengan China sendiri, yang merupakan mitra dagang terbesarnya, telah memburuk sejak Canberra menyerukan penyelidikan internasional tentang asal-usul virus Corona yang pertama kali dilaporkan di kota Wuhan di China. Beijing merespon aksi Canberra, dengan menerapkan pembatasan perdagangan terhadap Australia.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1312 seconds (0.1#10.140)