COVID-19 Telah Mencapai Gunung Everest

Jum'at, 23 April 2021 - 17:23 WIB
loading...
COVID-19 Telah Mencapai Gunung Everest
COVID-19 telah mencapai gunung Everest setelah seorang pendaki dinyatakan positif. Foto/VOI
A A A
KATHMANDU - Setidaknya satu pendaki di Gunung Everest dinyatakan positif COVID-19 , hanya beberapa minggu setelah puncak tertinggi di dunia itu dibuka kembali untuk pendaki setelah satu tahun tutup.

Dikutip dari BBC, Jumat (23/4/2021), pendaki asal Norwegia, Erlend Ness, diisolasi di rumah sakit selama delapan malam karena virus tersebut. Laporan mengatakan seorang sherpa di kelompoknya juga dinyatakan positif terkena virus.

Wabah tersebut merupakan pukulan bagi Nepal , yang sangat bergantung pada pendapatan yang dihasilkan dari ekspedisi Everest.

Ness tidak yakin di mana dia bisa tertular virus, tetapi meningkatkan kemungkinan tertular saat berada di salah satu rumah teh di sepanjang Lembah Khumbu.



Ia menambahkan bahwa dia bisa saja "berbuat lebih banyak" untuk melindungi dirinya sendiri, seperti lebih rajin mencuci tangan, dan memakai masker sepanjang hari.

"Tidak banyak orang yang menggunakan masker dalam perjalanan," kenang Ness, yang telah merasa sakit selama sekitar enam hari di pegunungan sebelum dievakuasi pada 15 April dengan helikopter.

Dia dibawa ke dua rumah sakit berbeda di ibukota Nepal, Kathmandu, dan dinyatakan positif terkena virus tiga kali.

Ness kini telah pulih - hasil tesnya pada 22 April negatif - dan sekarang tinggal bersama teman-temannya di kota.

Baca juga: India Catat Rekor Dunia Baru Dalam Jumlah Kasus Harian Covid-19
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2669 seconds (11.252#12.26)