Rusia Klaim Sukses Hentikan Upaya Pembunuhan Presiden Belarusia

Senin, 19 April 2021 - 17:28 WIB
loading...
Rusia Klaim Sukses Hentikan Upaya Pembunuhan Presiden Belarusia
FSB mengatakan, mereka menangkap dua orang atas tuduhan mempersiapkan pembunuhan Presiden Belarusia, Alexander Lukashenko dan merencanakan kudeta di Belarusia. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB) mengatakan, mereka menangkap dua orangatas tuduhan mempersiapkan pembunuhan Presiden Belarusia , Alexander Lukashenko dan merencanakan kudeta di Belarusia. FSB menyebut, penangkapan ini dilakukan atas kerjasama dengan Komite Keamanan Negara (KGB) Belarusia.

"Yury Zyankovich dan Alexander Feduta, mengadakan pertemuan di Moskow, di mana mereka menjelaskan secara rinci rencana kudeta militer," kata FSB dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Anadolu Agency pada Senin (19/4/2021).

"Mereka menyarankan "penghapusan fisik" Lukashenko, penyitaan pusat radio dan televisi, memblokir penegakan hukum yang setia kepada pemerintah saat ini di Minsk, dan mengorganisir penutupan total sistem kekuasaan Belarusia untuk mempersulit tindakan penegakan hukum," sambungnya.

Kudeta itu, papar FSB, dijadwalkan berlangsung pada 9 Mei dan harus dimulai dari serangan oleh formasi bersenjata, "partisan," yang terletak di pangkalan tersembunyi.

Dalam pernyataan terpisah, Lukashenko mengatakan, sebuah kelompok berencana untuk membunuh dia dan anak-anaknya.

"Kami menemukan pekerjaan badan intelijen asing. Kemungkinan besar, Central Intelligence Agency (CIA), FBI, saya tidak tahu orang Amerika mana yang bekerja di sana," katanya.

Menurut Lukashenko, kelompok itu termasuk pengacara Zyankovich, yang memiliki kewarganegaraan ganda, AS-Belarusia, dan analis politik Feduta.

Lukashenko mengatakan,Zyankovich dan Feduta ditangkap atas permintaannya. Dia mengatakan bahwa dia yakin upaya pembunuhannya diotorisasi oleh pimpinan politik tertinggi AS.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1667 seconds (0.1#10.140)