Jerman Belum Berencana Segera Perbaiki Hubungan dengan AS

Senin, 19 April 2021 - 03:00 WIB
loading...
A A A


Kebijakan garis keras Washington terhadap Beijing dan Rusia menimbulkan masalah lain bagi Berlin yang mungkin terbukti sulit untuk memperbaiki hubungan Amerika-Jerman.

Seorang diplomat top Jerman menyimpulkan suasana keseluruhan tentang hubungan AS-Jerman seperti "bulan madu telah berakhir sebelum dimulai". Demikian pula cara koordinator transatlantik pemerintah Jerman, Peter Beyer, melihat situasi tersebut.

"Kami mengharapkan lebih banyak dari dimulainya kembali hubungan transatlantik," keluhnya, seperti dilansir Anadolu Agency.



Perselisihan tentang vaksin di tengah pandemi virus Corona hampir melambangkan hubungan AS-Jerman yang kacau. Sementara bencana vaksinasi di Jerman pada dasarnya adalah buatan sendiri, AS memiliki 30 juta suntikan AstraZeneca yang kemungkinan besar tidak akan pernah dibutuhkan oleh negara itu.

Pabrikan Inggris-Swedia mengajukan permohonan cukup lama untuk mengekspor bagian-bagiannya ke Eropa, tetapi Biden menolak. Bagi banyak orang Jerman, pemerintahan Biden hanyalah "versi yang lebih lembut" dari pemerintahan Trump karena hanya retorikanya yang tampaknya tidak terlalu bermusuhan.

Sementara itu, pemerintah Merkel kini semakin menyadari fakta bahwa membangun kembali hubungan AS-Jerman akan jauh lebih sulit daripada yang diantisipasi sebelumnya.
(esn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1846 seconds (0.1#10.140)