Perkuat Hubungan Bilateral, AS Kirim 500 Personel Militer ke Jerman

Selasa, 13 April 2021 - 20:52 WIB
loading...
Perkuat Hubungan Bilateral, AS Kirim 500 Personel Militer ke Jerman
AS akan kirim 500 personel militer ke Jerman. Foto/Ilustrasi
A A A
BERLIN - Amerika Serikat (AS) akan menempatkan 500 personel militer lagi di Jerman dalam upaya untuk memperkuat hubungan bilateral. Hal itu diungkapkan Menteri Pertahanan AS Llyod Austin pada awal kunjungan resmi pertamanya ke Eropa.

Langkah tersebut menandai terobosan yang jelas oleh pemerintahan terobosan yang jelas oleh pemerintahan Presiden Joe Biden dengan sikap yang lebih antagonis terhadap Jerman dari pendahulunya Donald Trump, yang telah bergerak untuk mengurangi kehadiran pasukan AS di negara itu, landasan keamanan NATO sejak dimulainya Dingin Perang.

"Hari ini saya dengan senang hati mengumumkan bahwa kami akan meningkatkan kehadiran pasukan AS di Jerman," kata Austin kepada wartawan setelah berbicara dengan mitranya Annegret Kramp-Karrenbauer.

"Saya memberi tahu menteri tentang niat kami untuk secara permanen menempatkan sekitar 500 personel AS tambahan di wilayah Wiesbaden pada awal musim gugur ini," imbuhnya seperti dikutip dari Defense Post, Selasa (13/4/2021).



Pemerintah Biden mengatakan pada bulan Februari bahwa mereka akan menunda rencana penarikan kembali, sebuah langkah yang disambut hangat oleh pemerintah Jerman.

Washington telah menempatkan pasukan AS di Jerman sejak Perang Dunia II tetapi jumlah mereka telah menurun sejak runtuhnya Tembok Berlin dari sekitar 200.000 tentara pada tahun 1990 menjadi 34.500 saat ini.

Meskipun prospek tersebut telah membayangi selama bertahun-tahun, keputusan Trump Juli lalu untuk mengerahkan kembali 12.000 tentara dari Jerman masih mengejutkan, terutama di kota-kota yang telah membangun hubungan ekonomi dan budaya yang kuat dengan militer AS.

Dengan perubahan nada yang mencolok, Austin berjanji bahwa Jerman akan terus menjadi mitra keamanan dan ekonomi yang penting bagi Amerika Serikat untuk tahun-tahun mendatang.



“Inilah mengapa memperkuat hubungan kami dengan Jerman menjadi prioritas utama bagi pemerintahan Biden-Harris,” pungkasnya.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1159 seconds (0.1#10.140)