Kim Jong-un Minta Rudal Nuklir Korea Utara Siap Tempur

Sabtu, 17 April 2021 - 12:52 WIB
loading...
Kim Jong-un Minta Rudal Nuklir Korea Utara Siap Tempur
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Foto/REUTERS
A A A
PYONGYANG - Kim Jong-un , pemimpin Korea Utara (Korut), dilaporkan meningkatkan program nuklir negaranya dan dia telah memerintahkan militer untuk memastikan rudal nuklirnya siap tempur.

Menurut sumber berpangkat tinggi para pejabat militer telah diberitahu bahwa mereka harus siap melaksanakan perintahnya "kapan saja".



Perintah itu dikeluarkan minggu ini dan pasukan disiagakan, sebelum negara komunis rahasia itu merayakan ulang tahun pendirinya Kim Il-Sung, di sebuah acara yang dikenal sebagai Festival Matahari.

Salah satu sumber yang dekat dengan rezim Kim Jong-un,yang dikutip NK News, Sabtu (17/4/2021), mengeklaim bahwa perintah semacam itu tidak biasa dikeluarkan selama pekan festival.

Laporan menunjukkan uji coba rudal balistik jarak pendek lainnya diprediksi akan dilakukan dalam beberapa minggu mendatang, setelah gambar satelit yang diterbitkan oleh situs web 38 North mengungkapkan tongkang uji coba rudal yang baru saja dimodifikasi telah kembali ke galangan kapal di pusat militer utama minggu ini.

Pada Maret lalu, Korut menembakkan beberapa rudal jarak pendek ke Laut Jepang dan Laut Kuning dalam uji coba misil. Itu merupakan uji coba rudal pertama kalinya setelah Presiden AS Joe Biden menjabat.

Dewan Keamanan PBB telah melarang Korea Utara untuk menguji senjata ampuh tersebut, tetapi telah mengabaikan perintah itu pada banyak kesempatan.

Ada kekhawatiran yang berkembang tentang kemajuan teknologi militer Korea Utara dan para ahli yakin negara itu meningkatkan program nuklirnya.

Sebuah laporan mengkhawatirkan yang diterbitkan oleh sebuah wadah pemikir Korea, yang disebut Asan Institute for Policy Studies, menyatakan Korea Utara dapat memiliki 200 senjata nuklir dan beberapa lusin rudal balistik antarbenua pada tahun 2027.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1637 seconds (0.1#10.140)