CDC: Rasisme Adalah Ancaman Kesehatan Serius di Masyarakat

loading...
CDC: Rasisme Adalah Ancaman Kesehatan Serius di Masyarakat
Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (AS) atau CDC telah menyatakan rasisme sebagai ancaman kesehatan masyarakat yang serius. Foto/REUTERS
WASHINGTON - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (AS) atau CDC telah menyatakan rasisme sebagai ancaman kesehatan masyarakat yang serius. Pernyataan itu datang setelah adanya gelombang baru Covid-19 di AS.

CDC menuturkan, komunitas kulit berwarna sangat terpengaruh oleh pandemi Covid-19, karena mereka lebih mungkin dirawat di rumah sakit atau bahkan meninggal karena virus. Baca juga: CDC Rekomendasikan Cara Baru Memakai Masker, Begini Panduannya!

MenurutCDC, perbedaan perawatan kesehatan di antara kelompok yang berbeda selama pandemi juga menggarisbawahi masalah serius di Amerika, yakni rasisme.

"Rasisme bukan hanya diskriminasi terhadap satu kelompok berdasarkan warna kulit mereka, atau ras, atau etnis mereka, tetapi hambatan struktural yang berdampak pada kelompok ras dan etnis secara berbeda," kata Direktur CDC, Rochelle Walensky.

"CDC mengambil langkah-langkah untuk mengatasi rasisme sebagai pendorong utama ketidakadilan kesehatan ras dan etnis, kata direktur tersebut," sambungnya. Baca juga: Perlukah Anak Mendapatkan Vaksin Covid-19? Ini Penjelasan CDC!



Walensky, seperti dilansir Xinhua pada Kamis (15/4/2021), kemudian mengatakan bahwa menghadapi dampak rasisme tidak akan mudah."Tapi, saya tahu kita bisa menghadapi tantangan ini," tukasnya.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top