Rusia dan Ukraina Gelar Latihan Militer Serentak, NATO dan AS Waswas

loading...
Rusia dan Ukraina Gelar Latihan Militer Serentak, NATO dan AS Waswas
Tank-tank militer Ukraina berada di dekat Krimea yang dicaplok Rusia pada 14 April 2021. Foto/REUTERS
MOSKOW - Rusia dan Ukraina menggelar latihan militer serentak pada Rabu (14/4). Bersamaan dengan itu, para menteri luar negeri (menlu) dan menteri pertahanan (menhan) NATO memulai pertemuan darurat membahas pengerahan pasukan Rusia di dekat perbatasan Ukraina.

Washington dan NATO khawatir dengan peningkatan besar pasukan Rusia di dekat Ukraina dan di Krimea, semenanjung yang dianeksasi Moskow dari Ukraina pada 2014.

Selain itu, dua kapal perang Amerika Serikat (AS) akan tiba di Laut Hitam pekan ini.

Baca juga: Tentara Rusia di Dekat Ukraina Siap Perang Besar-besaran

NATO khawatir situasi tegang saat ini dapat memicu perang di kawasan tersebut.



Baca juga: Kremlin Tengah Pertimbangkan Ajakan Pertemuan Biden-Putin

Rusia mengatakan langkah angkatan laut AS adalah provokasi yang tidak bersahabat. Moskow memperingatkan Washington untuk menjauh dari Krimea dan perairan Laut Hitam.

Baca juga: Tanggapi Ancaman NATO, Rusia Tingkatkan Kesiapan Tempur

Menurut Rusia, pengerahan pasukan itu adalah latihan militer kilat tiga pekan untuk menguji kesiapan tempur dalam menanggapi situasi apapun yang terjadi.

Moskow menyebut perilaku mengancam dari NATO. Menurut Rusia, latihan militer itu akan selesai dalam dua pekan.



Menjelang kedatangan kapal perang AS, angkatan laut Rusia pada Rabu memulai latihan di Laut Hitam yang melatih penembakan pada target permukaan dan udara.

Latihan itu dilakukan sehari setelah Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg meminta Moskow mengakhiri penambahan pasukannya.

Di Ukraina, angkatan bersenjata berlatih menangkis serangan tank dan infanteri di dekat perbatasan Krimea yang dicaplok Rusia, sementara menteri pertahanannya, Andrii Taran, mengatakan kepada anggota parlemen Eropa di Brussel bahwa Rusia sedang bersiap untuk berpotensi menyimpan senjata nuklir di Krimea.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top