Kanada Embargo Ekspor Senjata ke Turki

loading...
Kanada Embargo Ekspor Senjata ke Turki
Drone Turki digunakan dalam konflik Nagorno Karabakh. Foto/Rudaw
OTTAWA - Kanada memblokir ekspor senjata militer ke sekutunya di NATO , Turki . Keputusan itu diambil setelah penyelidikan menemukan teknologi drone Kanada telah salah arah untuk digunakan dalam konflik.

Pengiriman senjata telah ditangguhkan Oktober lalu sambil menunggu penyelidikan atas tuduhan bahwa sistem pencitraan dan penargetan Kanada pada drone tak berawak digunakan oleh Azerbaijan dalam bentrokan dengan Armenia.

"Setelah peninjauan ini, yang menemukan bukti kredibel bahwa teknologi Kanada yang diekspor ke Turki digunakan di Nagorno Karabakh, hari ini saya mengumumkan pembatalan izin yang ditangguhkan pada musim gugur 2020," kata Menteri Luar Negeri Kanada Marc Garneau dalam sebuah pernyataan.

"Penggunaan ini tidak konsisten dengan kebijakan luar negeri Kanada, atau jaminan penggunaan akhir yang diberikan oleh Turki," imbuhnya seperti dikutip dari Defence Post, Selasa (13/4/2021).

Baca juga: Tawarkan Dukungan, Erdogan Serukan Diakhirinya Ketegangan di Ukraina



Larangan ekspor memengaruhi 29 izin, dan berlaku untuk berbagai macam barang dan teknologi militer termasuk komponen untuk produksi pesawat terbang, perangkat lunak dan data teknis untuk simulator penerbangan, peralatan satelit, serta komponen senjata api.

Nilai ekspor persenjataan Kanada ke Turki terakhir dipatok pada 2019 pada angka lebih dari USD120 juta.

Garneau mengindikasikan bahwa dia berbicara sebelumnya dengan mitranya dari Turki Mevlut Cavusoglu, mengatakan aplikasi izin di masa depan yang terkait dengan program kerja sama NATO akan dinilai berdasarkan kasus per kasus.

Pertempuran enam minggu yang meletus September lalu di Nagorno Karabakh merenggut nyawa sekitar 6.000 orang dan berakhir pada November dengan gencatan senjata yang ditengahi Rusia, membuat Armenia menyerah ke wilayah Baku yang telah dikuasainya sejak 1990-an.

Baca juga: Presiden Dewan Eropa Michel Sulit Tidur setelah Insiden Sofa di Turki



Ankara mendukung sekutu lamanya Azerbaijan dalam pertempuran di provinsi etnis Armenia yang memisahkan diri dari Azerbaijan dalam perang sengit itu.

Selama parade militer di Baku Desember lalu, Turki mengarak drone-nya, dengan televisi Turki mengatakan mereka telah "mengubah arus" perang Karabakh.

Penyelidikan Kanada juga menemukan bahwa Turki berbagi peralatan drone Kanada dengan pemerintah sementara Libya yang melanggar embargo senjata PBB, untuk digunakan dalam serangan udara, serta oleh Turki sendiri untuk pengawasan dan penargetan di Suriah.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top