Tawarkan Dukungan, Erdogan Serukan Diakhirinya Ketegangan di Ukraina

Minggu, 11 April 2021 - 09:18 WIB
loading...
Tawarkan Dukungan, Erdogan Serukan Diakhirinya Ketegangan di Ukraina
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy dan Presiden Turki Recep Tayyep Erdogan. Foto/Reuters
A A A
ANKARA - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyerukan agar perkembangan yang "mengkhawatirkan" di wilayah Donbass Ukraina timur segera berakhir. Erdogan menyatakan Turki siap memberikan dukungan yang diperlukan.

Hal itu dilakukannya setelah bertemu mitranya dari Ukraina di Istanbul.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengadakan pembicaraan lebih dari tiga jam dengan Erdogan di Istanbul sebagai bagian dari kunjungan yang dijadwalkan sebelumnya, di tengah ketegangan antara Kyiv dan Moskow atas konflik di Donbass.

Berbicara pada konferensi pers bersama Zelenskiy, Erdogan mengatakan dia berharap konflik akan diselesaikan secara damai, melalui dialog berdasarkan kebiasaan diplomatik, sejalan dengan hukum internasional dan integritas teritorial Ukraina.

"Kami berharap eskalasi mengkhawatirkan yang diamati di lapangan baru-baru ini berakhir secepat mungkin, gencatan senjata terus berlanjut dan konflik diselesaikan melalui dialog berdasarkan kesepakatan Minsk," kata Erdogan.

"Kami siap memberikan dukungan apa pun yang diperlukan untuk ini," imbuhnya seperti dikutip dari Reuters, Minggu (11/4/2021).



Pada gilirannya, Zelenskiy mengatakan posisi Kyiv dan Ankara bertepatan dengan ancaman di Laut Hitam dan tanggapan terhadap ancaman tersebut, serta menambahkan dia memberi pengarahan kepada Erdogan "secara rinci" tentang perkembangan di Donbass.

"Kami membahas secara rinci masalah keamanan dan tindakan balasan bersama untuk tantangan di kawasan Laut Hitam dan perlu dicatat bahwa visi Kyiv dan Ankara bertepatan baik mengenai ancaman itu sendiri dan cara menanggapi ancaman ini," katanya.

Sebagai anggota NATO Turki telah menjalin kerja sama erat dengan Rusia atas konflik di Suriah, Libya dan Nagorno-Karabakh, serta di bidang pertahanan dan energi. Tetapi mereka mengkritik aneksasi Crimea dan mendukung integritas teritorial Ukraina. Turki juga telah menjual drone ke Kyiv pada 2019.

Erdogan mengatakan bahwa Turki dan Ukraina meluncurkan platform dengan menteri luar negeri dan pertahanan mereka untuk membahas kerja sama industri pertahanan, tetapi menambahkan ini sama sekali bukan tindakan melawan negara-negara ketiga.

Kyiv telah meningkatkan kewaspadaan atas penumpukan pasukan Rusia di dekat perbatasan antara Ukraina dan Rusia, dan atas peningkatan kekerasan di sepanjang garis kontak yang memisahkan pasukan Ukraina dan separatis yang didukung Rusia di Donbass.

Gerakan militer Rusia telah memicu kekhawatiran bahwa Moskow sedang bersiap untuk mengirim pasukan ke Ukraina. Kremlin menyangkal pasukannya adalah ancaman, tetapi mengatakan mereka akan tetap berada di sana selama itu dirasa cocok.

Amerika Serikat (AS) mengatakan Rusia telah mengumpulkan lebih banyak pasukan di perbatasan timur Ukraina daripada kapan pun sejak 2014, ketika mencaplok Crimea dari Ukraina dan mendukung separatis di Donbass. Pada hari Jumat, Turki mengatakan Washington akan mengirim dua kapal perang ke Laut Hitam minggu depan.



Pertempuran besar di Donbass berakhir dengan gencatan senjata yang disepakati di ibu kota Belarusia, Minsk, pada 2015, yang implementasinya telah dibantu oleh Prancis dan Jerman untuk diawasi. Meski begitu, pertempuran sporadis terus berlanjut meskipun upaya berulang untuk menerapkan gencatan senjata.

Ukraina dan Rusia saling menyalahkan atas peningkatan kekerasan dalam konflik, yang menurut Kyiv telah menewaskan 14.000 orang sejak 2014.

Presiden Rusia Vladimir Putin , dalam panggilan telepon dengan Erdogan pada hari Jumat, menuduh Ukraina melakukan "tindakan provokatif berbahaya" di Donbass. Kyiv mengatakan pada hari Sabtu bahwa Ukraina dapat diprovokasi oleh kejengkelan Rusia atas situasi di Donbass.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1345 seconds (0.1#10.140)