Taiwan Ancam Tembak Jatuh Drone China di Laut China Selatan

Rabu, 07 April 2021 - 21:51 WIB
loading...
Taiwan Ancam Tembak Jatuh Drone China di Laut China Selatan
Taipei mengatakan, mereka mungkin menembak jatuh drone China jika terbang terlalu dekat, terlebih masuk ke wilayah mereka di Laut China Selatan. Foto/REUTERS
A A A
TAIPEI - Taiwan menyatakan melihat drone China mengitari Kepulauan Pratas yang dikendalikan Taipei di Laut China Selatan. Taipei mengatakan, mereka mungkin menembak jatuh drone tersebut jika mereka terbang terlalu dekat atau memasuki wilayah itu.

Berbicara kepada Parlemen Taiwan, Kepala Dewan Urusan Kelautan, Lee Chung-wei, mengatakan bahwa mereka baru-baru ini melihat pesawat tak berawak China mengelilingi Pratas, meskipun mereka belum terbang di atas pulau-pulau itu.

"Drone itu tidak pernah memasuki perairan dan wilayah udara kami yang dibatasi, mereka hanya terbang di sekitar mereka pada jarak tertentu," kata Lee. Baca juga: Taiwan Siap Berjuang Hingga Titik Darah Penghabisan Jika China Menyerang

Ditanya bagaimana Penjaga Pantai akan bereaksi jika pesawat tak berawak China memasuki zona terlarang itu, Lee mengatakan, mereka memiliki aturan keterlibatan.

"Setelah masuk, itu (drone) akan ditangani sesuai aturan. Kalau perlu tembak, kita akan menembaknya," sambungnya, seperti dilansir Channel News Asia pada Rabu (7/4/2021).

Kepulauan Pratas terletak di ujung atas jalur air yang disengketakan dan telah menjadi sumber intrik yang relatif baru antara Taiwan dan Beijing.

Dalam beberapa bulan terakhir, Taiwan telah mengeluhkan aktivitas Angkatan Udara Chin di dekat pulau-pulau itu, yang hanya dijagaPenjaga Pantai Taiwan, meskipun ada pengerahan Marinir secara berkala.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1686 seconds (0.1#10.140)