Kim Jong-un: Korea Utara Menghadapi Situasi Terburuk yang Pernah Ada

Rabu, 07 April 2021 - 14:06 WIB
loading...
Kim Jong-un: Korea Utara Menghadapi Situasi Terburuk yang Pernah Ada
Pemimpin Korut Kim Jong-un mengakui negaranya tengah menghadapi situasi terburuk yang pernah ada. Foto/Independent
A A A
SEOUL - Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un , mengakui jika negaranya tengah menghadapi situasi terburuk yang pernah ada. Hal itu diungkapkannya di hadapan ribuan anggota akar rumput dari Partai Buruh Korea yang berkuasa selama konferensi politik besar di Pyongyang.

Kantor berita Korut, KCNA, melaporkan Kim Jong-un membuat komentar tersebut selama pidato pembukaan pada pertemuan sekretaris sel Partai Buruh Korea pada hari Selasa.

“Meningkatkan standar hidup masyarakat...bahkan dalam situasi terburuk yang pernah ada di mana kita harus mengatasi banyak tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya bergantung pada peran yang dimainkan oleh sel, organisasi akar rumput partai,” kata diktator muda Korut itu seperti dikutip dari Independent, Rabu (7/4/2021).



Kim mendesak anggota untuk melaksanakan keputusan yang dibuat pada kongres partai pada bulan Januari lalu, ketika dia berjanji untuk meningkatkan penangkal nuklirnya dalam menghadapi tekanan Amerika Serikat (AS) dan mengumumkan rencana pembangunan nasional lima tahun yang baru. Kongres tersebut terjadi beberapa bulan setelah Kim menunjukkan keterusterangan yang tidak biasa dengan mengakui bahwa rencananya untuk meningkatkan ekonomi tidak berhasil selama konferensi politik lainnya.

Selama pidato hari Selasa, Kim juga mengkritik unit akar rumput partai atas "kekurangan" yang tidak ditentukan yang harus segera diperbaiki untuk memastikan perkembangan partai yang sehat dan berkelanjutan.

Sel partai, yang terdiri dari lima sampai 30 anggota, merupakan unit terkecil dari otoritas Partai Buruh Korut yang mengawasi pekerjaan dan kehidupan di pabrik dan tempat lain. Jaringan adalah alat penting bagi Partai Buruh Korea untuk melanggengkan kekuasaannya. Konferensi sekretaris sel sebelumnya diadakan pada tahun 2017.



Kemunduran ekonomi membuat Kim tidak punya apa-apa untuk menunjukkan diplomasi ambisiusnya dengan mantan Presiden Donald Trump, yang runtuh karena ketidaksepakatan dalam mencabut sanksi untuk langkah-langkah denuklirisasi Korut.

Korut sejauh ini menolak tawaran pemerintah presiden baru AS Joe Biden untuk melakukan pembicaraan, dengan mengatakan bahwa Washington harus membuang kebijakan "bermusuhannya" terlebih dahulu. Korut juga meningkatkan tekanan dengan melanjutkan uji coba rudal balistik bulan lalu setelah jeda selama setahun.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1035 seconds (0.1#10.140)