Ulah Teledor Sopir Truk Penyebab Tragedi Kereta Api Taiwan, 51 Tewas

Sabtu, 03 April 2021 - 14:33 WIB
loading...
A A A
“Awalnya mereka masih merespons saat kami panggil. Tapi saya kira mereka kehilangan kesadaran setelah itu," imbuh penumpang selamat tersebut yang juga menolak diidentifikasi.

Kecelakaan, yang telah menjadi bencana kereta api terburuk di Taiwan dalam 73 tahun, terjadi pada Jumat pagi pukul 09.00 pada akhir pekan Hari Pembersihan Makam Taiwan, hari libur nasional di mana keluarga mengenang leluhur mereka. Liburan sering dimanfaatkan banyak pekerja kota kembali ke kampung halaman mereka, yang memicu lalu lintas kereta menjadi sibuk.

Mengangkut sekitar 480 penumpang, kereta tersebut melakukan perjalanan dari Taipei ke Taitung, sebelum akhirnya menabrak truk dan tergelincir di Hualien, lebih dari dua jam perjalanan.

"Ada kendaraan konstruksi yang tidak parkir dengan benar dan meluncur ke jalur kereta api," kata kepala polisi daerah Hualien Tsai Ding-hsien kepada wartawan.

“Ini pemahaman awal kami dan kami sedang mengklarifikasi penyebab kejadian tersebut,” ujarnya.



Feng Hui-sheng, wakil direktur Otoritas Kereta Api Taiwan, mengatakan kepada wartawan bahwa pengemudi truk dicurigai tidak menarik rem parkir cukup kencang sehingga kendaraan tergelincir 20 meter ke jalur kereta.

Kecelakaan kereta api skala besar terakhir di Taiwan terjadi pada 2018 dan menyebabkan 18 orang tewas di ujung selatan jalur yang sama.

Kecelakaan lain pada tahun 1991, menyebabkan 30 penumpang tewas dan 112 luka-luka setelah dua kereta bertabrakan di Miaoli.

Pada 1981, 30 juga tewas setelah sebuah truk bertabrakan dengan kereta penumpang di perlintasan sebidang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1173 seconds (0.1#10.140)