Diplomat dan Pekerja Bantuan Eksodus Massal dari Korut

Sabtu, 03 April 2021 - 00:22 WIB
loading...
A A A
Para ahli percaya Kim Jong-un memutuskan untuk memutus hampir semua hubungan Korut dengan dunia luar karena dia menyadari sistem perawatan kesehatan negaranya yang bobrok akan kewalahan oleh wabah COVID-19.

Strategi Kim Jong-un tampaknya berhasil dari sudut pandang kesehatan masyarakat. Korut belum melaporkan wabah besar COVID-19, dan tidak ada indikasi telah terjadi, meskipun para ahli meragukan klaim Pyongyang bahwa negara tersebut belum melihat satu kasus pun dari virus tersebut.

Para diplomat, pekerja bantuan, dan staf LSM telah memilih untuk meninggalkan Korut daripada berisiko terdampar karena kontrol perbatasan yang tidak fleksibel dan ketat di negara itu - menyusutnya komunitas ekspatriat Pyongyang yang sudah kecil, sumber informasi berharga tentang salah satu negara yang paling tertutup dan tertutup di dunia.

Namun, para diplomat Rusia telah membantu mengisi beberapa celah dalam deskripsi mereka tentang kehidupan di ibu kota Korut itu.



Duta Besar Rusia untuk Korut, Alexander Matsegora mengatakan, baru-baru ini bahwa toko bahan makanan mulai kehabisan makanan menyusul keputusan Pyongyang untuk hampir sepenuhnya menghentikan impor pada bulan September. Komentar itu mengejutkan, mengingat Korut menikmati hubungan yang lebih dekat dengan Rusia daripada dengan hampir semua negara lain kecuali China.

Sementara Kim Jong-un dan para pemimpin Korut lainnya telah mengakui ekonomi negara itu menderita akibat pandemi, mereka belum mengakui pasokan makanannya sedang tertekan.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1676 seconds (0.1#10.140)