Penumpukan Pasukan Rusia Dekat Ukraina Bikin NATO Khawatir

Jum'at, 02 April 2021 - 23:31 WIB
loading...
Penumpukan Pasukan Rusia Dekat Ukraina Bikin NATO Khawatir
Penumpukan pasukan Rusia di dekat Ukraina bikin NATO khawatir. Foto/BBC
A A A
BRUSSELS - Seorang pejabat NATO mengatakan bahwa Rusia sedang merusak upaya untuk mengurangi ketegangan di timur Ukraina dan duta besar NATO telah bertemu pada hari Kamis untuk membahas situasi tersebut.

“Negara-negara sekutu berbagi keprihatinan mereka tentang aktivitas militer skala besar Rusia baru-baru ini di dan sekitar Ukraina. Sekutu juga prihatin tentang pelanggaran Rusia terhadap gencatan senjata Juli 2020 yang menyebabkan kematian empat tentara Ukraina pekan lalu,” kata pejabat itu seperti dikutip dari France24, Jumat (2/4/2021).

Ukraina, negara-negara Barat, dan NATO menuduh Rusia mengirim pasukan dan senjata berat untuk menopang proksi mereka di Donbass yang merebut sebagian wilayah timur Ukraina pada tahun 2014.

Rusia mengatakan hanya memberikan dukungan politik dan kemanusiaan kepada pejuang separatis dalam apa yang dianggapnya sebagai konflik internal.

Intelijen militer Ukraina menuduh Rusia melakukan provokasi rekayasa untuk membuat dalih untuk mengirim unit militer Rusia tambahan ke Donbass.



"Selain itu, upaya untuk memajukan pasukan pendudukan Rusia jauh ke Ukraina tidak dikesampingkan," katanya.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bergabung dengan kritik tersebut.

"Latihan militer dan kemungkinan provokasi di sepanjang perbatasan adalah permainan tradisional Rusia," ujarnya seperti dikutip dari BBC.

Dalam gejolak terburuk dalam beberapa bulan terakhir, empat tentara Ukraina tewas dalam penembakan separatis pada 26 Maret di dekat Shuma, sebuah desa di wilayah Donetsk. Hanya ada insiden tingkat rendah sejak saat itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2282 seconds (0.1#10.140)