AS, Iran dan Anggota JCPOA Bakal Bertemu di Wina Minggu Depan

Jum'at, 02 April 2021 - 22:15 WIB
loading...
A A A
"Kami tidak mengantisipasi saat ini bahwa akan ada pembicaraan langsung antara Amerika Serikat dan Iran melalui proses ini, meskipun Amerika Serikat tetap terbuka untuk mereka," tambah Price.



"Ini tetap hari-hari awal, dan kami tidak mengantisipasi terobosan langsung karena akan ada diskusi yang sulit ke depan. Tapi kami yakin ini adalah langkah maju yang sehat," ujarnya.

Dalam kesempatan itu Price mengatakan bahwa pembicaraan di Wina akan dimulai pada Selasa.

Pada 2018, Presiden Donald Trump secara sepihak menarik AS dari kesepakatan nuklir Iran. Kesepakatan ini bertujuan mengekang program nuklir Iran. Presiden Joe Biden mengatakan AS akan bergabung kembali dengan kesepakatan nuklir setelah Teheran kembali mematuhi perjanjiannya berdasarkan kesepakatan.

Ini adalah awal dari apa yang diharapkan menjadi proses negosiasi yang panjang untuk membawa Iran dan AS kembali mematuhi kesepakatan JCPOA.

Pertemuan ini dilakukan sebelum Iran atau AS mengambil tindakan nyata untuk menyelamatkan atau kembali mematuhi perjanjian.



Berita ini mengikuti pertemuan sebelumnya pada Komisi Bersama, di mana AS tidak berpartisipasi.Komisi Gabungan Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA), nama resmi untuk kesepakatan nuklir itu, bertemu dan mengkonfirmasi pertemuan lain akan berlangsung minggu depan di Wina.

Pertemuan ini untuk membahas prospek kemungkinan kembalinya Amerika Serikat ke JCPOA dan bagaimana memastikan implementasi penuh dan efektif dari kesepakatan oleh semua pihak, menurut pernyataan Uni Eropa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1993 seconds (0.1#10.140)