Ditembakkan Korut, Ini Penampakan Rudal Taktis Berhulu Ledak 2,5 Ton

Jum'at, 26 Maret 2021 - 07:45 WIB
loading...
Ditembakkan Korut, Ini Penampakan Rudal Taktis Berhulu Ledak 2,5 Ton
Aktivitas uji tembak rudal taktis baru dengan hulu ledak 2,5 ton oleh pasukan Korea Utara, Kamis (25/3/2021). Foto/Twitter @AuroraIntel
A A A
PYONGYANG - Rezim Kim Jong-un di Korea Utara (Korut) mengonfirmasi bahwa pihaknya menguji tembak peluru kendali (rudal) taktis yang di-upgrade atau baru. Rezim Kim Jong-unjuga merilis foto-foto uji tembak rudal berbahan bakar padat dan membawa hulu ledak seberat 2,5 ton tersebut.

Uji tembak misil taktis ini adalah yang kedua bagi Pyongyang dalam seminggu.



Mengutip media pemerintah, KCNA, pada Jumat (26/3/2021), manuver yang membuat Jepang, Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS) siaga itu dilakukan pada hari Kamis kemarin.

"Proyektil tersebut secara akurat mencapai target yang ditetapkan di perairan 600 kilometer di lepas pantai timur Korea," bunyi laporan media pemerintah tersebut.

Laporan itu menambahkan bahwa uji tembak rudal taktis baru itu diawasi oleh Ri Pyong-chol, seorang anggota biro politik Partai Buruh yang berkuasa di Korea Utara.

Militer Korea Selatan memperikirakan senjata itu ditembakkan dari provinsi Hamgyong Selatan, Korea Utara, dan terbang sekitar 450 kilometer (280 mil) sebelum jatuh ke Laut Jepang.

Uji tembak misil hari Kamis terjadi hanya empat hari setelah Korea Utara menembakkan dua rudal jelajah jarak pendek ke Laut Kuning, wilayah perairan antara Semenanjung Korea dan China.

Peluncuran rudal jelajah tidak secara eksplisit dilarang di bawah cakupan resolusi PBB tentang Korea Utara. Resolusi itu melarang uji coba rudal balistik.

Tak lama setelah Pyongyang mengonfirmasi uji tembak rudal taktis baru, Washington mengecam peningkatan aktivitas misil di negara tertutup itu, dengan menyebut uji coba senjata itu sebagai tindakan destabilisasi. Padahal, pada uji tembak misil Korut yang pertama Presiden Joe Biden meremehkan bahkan menertawakannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1832 seconds (0.1#10.140)