Pentagon Diam-diam Kembangkan Reaktor Nuklir Portabel Mini

Rabu, 24 Maret 2021 - 11:18 WIB
loading...
Pentagon Diam-diam Kembangkan Reaktor Nuklir Portabel Mini
Pentagon kembangkan reaktor nuklir portabel mini yang dapat mudah dipasang dan dipindahkan. Foto/US GAO
A A A
WASHINGTON - Pentagon telah memilih dua perusahaan untuk pengembangan reaktor nuklir portabel mini untuk penggunaan militer di lapangan.

BWXT Advanced Technologies dan X-energy dipilih Kantor Kemampuan Strategis Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) untuk melanjutkan Proyek Pele, yang berupaya mengembangkan reaktor dengan output 1 hingga 5 megawatt yang dapat bertahan setidaknya tiga tahun dengan daya penuh.

Selain itu, reaktor harus dirancang untuk beroperasi dalam tiga hari setelah pengiriman dan dapat dipindahkan dengan aman dalam waktu tujuh hari jika diperlukan.



Kedua perusahaan, bersama dengan Westinghouse Government Services, masing-masing diberi kontrak awal kurang dari USD15 juta pada Maret 2020 untuk memulai pekerjaan desain.



Rancangan terakhir akan diserahkan pada Kantor Kemampuan Strategis pada 2022, di mana saat itu Departemen Pertahanan akan membuat keputusan tentang apakah akan melanjutkan pengujian sistem.

Lihat infografis: Rudal Baru Israel, Bisa Lumpuhkan Ancaman Berjarak 150 Km

"Kami sangat senang dengan kemajuan yang dicapai mitra industri kami dalam desain mereka," papar Jeff Waksman, manajer program Project Pele.

"Kami yakin bahwa pada awal 2022 kami akan memiliki dua desain teknik yang matang hingga kondisi yang memadai sehingga kami dapat menentukan kesesuaian untuk kemungkinan konstruksi dan pengujian," ungkap dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2006 seconds (0.1#10.140)