Lavrov: Gunakan Sanksi untuk Hukum Rusia dan China Langkah Tidak Bijaksana

Senin, 22 Maret 2021 - 18:43 WIB
loading...
Lavrov: Gunakan Sanksi untuk Hukum Rusia dan China Langkah Tidak Bijaksana
Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov menuturkan, tidak bijaksana menggunakan sanksi dalam upaya untuk menghukum Rusia dan China. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Menteri Luar Negeri Rusia , Sergei Lavrov menuturkan, tidak bijaksana menggunakan sanksi dalam upaya untuk menghukum Rusia dan China. Moskow dan Beijing adalah langganan sanksi Eropa dan Amerika Serikat (AS).

"Anda mendengar bisnis Eropa menyuarakan kebencian bahwa mereka menderita kerugian sedangkan ceruk pasar mereka di Rusia diambil oleh negara lain, yang dipandu oleh kepentingan nasional mereka, oleh kepentingan pengembangan ekonomi dan dukungan bisnis mereka daripada oleh logika menghukum siapapun untuk apa pun," ujarnya.

"Langkah yang salah menghukum siapapun di arena internasional saat ini dan tidak bijaksana untuk mencoba menggunakan logika ini sehubungan dengan Rusia dan China," sambungnya, seperti dilansir Tass pada Senin (22/3/2021).

Dia mencatat bahwa sanksi sangat menyakitkan bagi negara berkembang dan miskin di tengah pandemi, yang telah membatasi kemungkinan mereka untuk memastikan kehidupan normal bagi warganya.

"Tak heran jika Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres dan Komisaris Tinggi HAM PBB, Michelle Bachelet kemudian keluar dengan inisiatif untuk membekukan sanksi dan membuat reservasi dari mereka untuk barang-barang penting di tengah infeksi virus Corona," ujarnya.

Menurut Lavrov, negara-negara Barat sama sekali mengabaikan inisiatif ini, karena mereka mengabaikan inisiatif Presiden Rusia, Vladimir Putin untuk membangun koridor hijau yang bebas dari sanksi dan penghalang buatan lainnya.

Lavrov menyebut, bersama dengan China dan sejumlah negara lain yang berpikiran sama, Rusia mengangkat masalah ini dalam format internasional, termasuk PBB.

"Ini telah mengeluarkan banyak resolusi yang mengutuk sebagai ekonomi sepihak yang tidak sah dan sanksi lainnya yang dijatuhkan karena melanggar Dewan Keamanan (DK) PBB, terutama tindakan ekstra-teritorial," ungkapnya.

Diplomat Rusia itu juga mengatakan bahwa Amerika Serikat (AS)dan mitranya berusaha untuk mendikte keinginan mereka sendiri pada negara lain dan menghalangi pembentukan dunia demokrasi multipolar.

"Sayangnya, beberapa negara Barat, yang dipimpin oleh AS , mencoba menghalangi pembentukan dunia demokrasi multipolar sejati, berusaha untuk mempertahankan dominasi mereka dalam ekonomi global dan politik internasional, dan untuk mengganggu semua orang. kemauan dan tuntutan," kata Lavrov.

"Sikap Rusia didasarkan pada dialog yang dapat dipercaya dan saling menghormati dengan China, yang harus menjadi contoh bagi negara lain, termasuk mereka yang berusaha membangun hubungan dengan Rusia dan China dengan prinsip yang agak berbeda dan tidak setara. Ini tidak dapat diterima oleh kami, atau mitra kami," tukasnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1046 seconds (0.1#10.140)