EMA: Vaksin AstraZeneca Aman dan Efektif

Jum'at, 19 Maret 2021 - 02:31 WIB
loading...
EMA: Vaksin AstraZeneca Aman dan Efektif
Badan regulator obat-obatan Uni Eropa (UE), EMA, menyatakan vaksin COVID-19 AstraZeneca aman dan efektif. Foto/Ilustrasi
A A A
AMSTERDAM - Sebuah tinjaun terhadap vaksin COVID-19 AstraZeneca yang dilakukan oleh regulator obat-obatan Uni Eropa (UE) menyimpulkan bahwa vaksin tersebut aman dan efektif.

Penyelidikan dilakukan terhadap laporan pembekuan darah yang mendorong lebih dari selusin negara untuk menangguhkan penggunaannya.

Direktur European Medicines Agency (EMA) Emer Cooke mengatakan pihaknya tidak dapat secara pasti mengesampingkan hubungan antara insiden pembekuan darah dan vaksin dalam penyelidikannya terhadap 30 kasus kondisi pembekuan darah yang langka.

Namun dia mengatakan dalam penjelasannya, kesimpulan yang jelas dari tinjauan tersebut adalah bahwa manfaat vaksin dalam melindungi orang dari risiko kematian atau rawat inap lebih besar daripada kemungkinan risikonya.



“Ini adalah vaksin yang aman dan efektif,” katanya seperti dikutip dari Reuters, Jumat (19/3/2021).

Namun, Cooke mengatakan, badan tersebut akan memperbarui panduannya untuk memasukkan penjelasan bagi pasien tentang potensi risiko dan informasi untuk profesional perawatan kesehatan.

“Jika itu saya, saya akan divaksinasi besok,” ujar Cooke.

"Tetapi EMA ingin meningkatkan kesadaran di antara orang-orang yang telah divaksinasi atau akan divaksinasi tentang hal-hal yang harus mereka waspadai,” imbuhnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2097 seconds (0.1#10.140)