Badan Intelijen Australia Tak Lagi Gunakan Istilah 'Teroris Islam'

Rabu, 17 Maret 2021 - 22:31 WIB
loading...
Badan Intelijen Australia Tak Lagi Gunakan Istilah Teroris Islam
Anggota pasukan antiteror Australia saat merespons serangan teror di Sydney. Foto/REUTERS/David Gray
A A A
CANBERRA - Badan mata-mata Australia mulai sekarang tidak akan menggunakan istilah "teroris Islam" atau pun "ekstremis Islam" untuk menyebut pelaku serangan yang mengatasnamakan agama tersebut. Sebagai gantinya, mereka akan menggunakan istilah penyerang bermotivasi religius.

"Kami tidak menyelidiki orang karena pandangan agama mereka—kekerasanlah yang relevan dengan kekuatan kami—tetapi itu tidak selalu jelas ketika kami menggunakan istilah 'ekstremisme Islam'," kata Direktur Jenderal Badan Intelijen Keamanan Australia (ASIO) Mike Burgess.



ASIO menyadari penggunaan istilah "teroris Islam" atau pun "ekstremis Islam" telah merusak citra agama Islam.

"Dapat dimaklumi, beberapa kelompok Muslim—dan lainnya—melihat istilah ini sebagai [tindakan] merusak dan misrepresentatif Islam, dan menganggap bahwa hal itu menstigmatisasi mereka dengan mendorong stereotip dan memicu perpecahan. Bahasa kita perlu berevolusi agar sesuai dengan lingkungan ancaman yang terus berkembang," ujar Burgess, seperti dikutip Russia Today, Rabu (17/3/2021).

Mata-mata top Australia itu juga mengatakan lembaganya tidak akan lagi menggunakan istilah "far-left" atau pun "far-right" untuk menggambarkan ancaman dari tepi spektrum politik—alih-alih ASIO akan merujuk pada ekstremis yang termotivasi secara ideologis.

Pergeseran perang kata-kata ASIO dijelaskan oleh Burgess saat ia menyampaikan penilaian ancaman tahunan badan tersebut dari kantor pusatnya yang sangat aman di Canberra pada hari Rabu.

ASIO adalah bagian dari jaringan badan mata-mata internasional Five Eyes yang mencakup Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan Selandia Baru. Aliansi intelijen ini berbagi informasi dan sumber intelijen satu sama lain.



Burgess mengatakan agensi Five Eyes lainnya telah mengubah nomenklatur mereka dan ASIO mengikutinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1525 seconds (0.1#10.140)